0 0
Read Time:2 Minute, 14 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta – Masih dalam suasana Idul Adha. Ayu Ting Ting bakal kesulitan menjalani masa-masa ibadah haji Idul Fitri tanpa ditemani orangtuanya, Umi Kalsum dan Ayah Rozak.

Diketahui, orang tua Ayu Ting Ting kini tengah menunaikan ibadah haji. Alhasil, sebagai anak tertua, pelantun lagu “Alamat Palsu” itu diminta bersusah payah melakukan berbagai hal untuk merayakan Idul Adha di rumah.

Rumah Ayu Ting Ting diketahui menjadi tujuan utama keluarga bersilaturahmi dan membagikan daging kurban saat waktu Idul Adha tiba. Tahun ini, momen tersebut tetap digelar meski orang tua Ayu Ting Ting sedang berhaji.

Berikut 6 kendala Ayu Ting Ting dalam persiapan menyambut Idul Adha bersama keluarga, seperti dirangkum dianrakyat.co.id, Selasa 18 Juni 2024.

 

 

Ayu Ting Ting merayakan Idul Adha tahun ini tanpa orang tuanya.  Alhasil, Ayu Ting Ting kesulitan menjalankan tradisi yang biasa dilakukan saat libur Idul Adha.

Misalnya saja mencari bunga sedap malam yang biasa terlihat di rumah setiap Hari Raya tiba. “Biasanya kalau malam-malam bapak dan ibu ada di sekitar, saya suka beli bunga sedap malam, kemarin saya cari dan tidak ketemu,” kata Ayu Ting Ting di kampung halamannya, Kabupaten Depok, Jawa Barat, Senin ( 17/17/2017 19/2024).

 

Ayu Ting Ting menyadari ibunya kerap menyiapkan makanan untuk keluarga yang datang berkunjung ke rumahnya saat Idul Adha tiba. Tahun ini Ayu Ting Ting juga sibuk menyiapkan keperluan memasak di dapur, meski bukan dia yang langsung membuat makanannya.

“Malam hari biasanya ibu masak di dapur, kemarin paman saya yang masak. Ya, meski tidak ada, tapi tradisinya tetap berlanjut,” kata Ayu Ting Ting.

 

Belum lagi, Ayu Ting Ting harus mempersiapkan segala keperluan bagi mereka yang berkumpul di malam takbir Idul Adha. 

Ibaratnya ada sesajen untuk salat malam, jadi belikan segala macam makanan untuk yang bantu salat, jelas Ayu Ting Ting.

 

 

Ayu Ting Ting belum bisa langsung menyiapkan berbagai keperluan dan keperluan menyambut Idul Adha karena masih sibuk syuting malam takbiran.

Untung saja Syifa (adik Ayu Ting Ting) ada yang membantu, saya tidak bisa membantu pekerjaan, jelasnya.

 

Diakui Ayu Ting Ting, hal itu membuatnya sangat kesulitan dalam menjalankan tradisi yang biasa dilakukan saat liburan kali ini. Lagi pula, tahun ini dia tidak akan bisa mencicipi kuliner khas ibunya yang selalu dia sajikan di hari libur.

“Mama ketupatnya, mama masak. Kalau malam bapak makan takbir, rumahnya wangi banget,” kata Ayu Ting Ting.

Ayu Ting Ting mengatakan, ibunya meneleponnya di pagi hari menjelang salat Idul Fitri. Umi Kalsum mengingatkan Ayu untuk tidak bangun kesiangan sehingga terlambat ke masjid untuk salat Idul Fitri.

“Ibu bangun jam 4 pagi, katanya: ‘Jangan bangun terlalu larut’. Dia takut anak-anaknya akan terlambat. Saat dia tahu kita sudah bersih, dia bilang: ‘Kenapa tidak, bapak dan ibu sudah bersih’ Ya, kita harus bertanggung jawab,” ujarnya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D