0 0
Read Time:3 Minute, 37 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta Setiap orang memiliki kecerdasan yang unik, dan tipe MBTI-nya memungkinkan kita mengetahui cara seseorang berpikir dan belajar. Namun, adakah tipe MBTI yang secara umum dianggap paling cerdas?

“Ada beberapa tipe MBTI yang dianggap memiliki kecerdasan tinggi, dan ini telah menjadi topik perdebatan yang menarik mengenai apakah kecerdasan dapat diukur,” kata Dr. Staci Holweger, MD, MD, Regenerative Medicine, dan pendiri Lifepatches.

Mengukur seberapa pintar seseorang bisa menjadi hal yang sangat subyektif, dan orang bisa saja lebih pintar dari orang lain dalam bidang yang berbeda. Namun, mereka yang termasuk paling cerdas dapat diwakili oleh tipe kepribadian MBTI tertentu.

Kutipan dari Best Life Kamis 6 Juni 2024 Berikut enam tipe MBTI terburuk. 1.INTJ

Orang-orang dengan kecenderungan introspektif, intuitif, berpikir, dan menghakimi lebih cenderung menganggap diri mereka lebih cerdas, kata Isabelle Robledo, pakar kepribadian dan pendiri Making Mindfulness Fun, kepada Best Life.

Seperti yang dijelaskan Robledo, tipe kepribadian INTJ dikenal dengan pemikiran ekstravert. Ia juga menambahkan bahwa INTJ cenderung pandai dalam menerima dan mengatur informasi yang diterimanya.

“Mereka hidup untuk belajar, mereka menjaga segala sesuatunya tetap nyata,” kata Robledo. 

Menurut Karen Comen, seorang peramal terkemuka dan pemimpin redaksi Zodiacsign.com, dia setuju dengan Robledo dan menambahkan bahwa berpikir adalah aspek utama dari seorang INTJ.

 

Menurut Comen, dua tipe kepribadian INTJ dan INTP ini paling cerdas di antara lainnya. Ia menambahkan, berpikir adalah tujuan terpenting dalam hidup INTP.

Robledo mengatakan bahwa orang dengan tipe kepribadian ini akan menjadi insinyur atau ahli matematika.

Aspek pemikiran batin (Ti) dan intuisi luar (Ne) ini membuatnya sangat mahir mengikuti pemikiran teoretis yang kompleks.

Dibandingkan dengan MBTI lain seperti ENTP yang ekstrover dan cerdas, orang dengan tipe kepribadian INTP akan lebih tertarik pada teori dan sistem logis yang mengatur dunia di sekitarnya.

Tipe kepribadian ENFJ yang cenderung ekstrover, intuitif, berbasis perasaan, dan menghakimi, juga dianggap sebagai salah satu tipe paling cerdas, menurut Joseph Puglisi, CEO Dating Iconic.

Meski bukan tipe orang yang pertama kali berpikir untuk memecahkan masalah matematika yang rumit, mereka memiliki kecerdasan alami untuk berinteraksi dengan orang lain dan merespons secara taktis dalam situasi sulit.

“ENFJ dipercaya oleh semua orang, selalu bersedia membantu, menawarkan solusi dan nasihat cerdas, serta memiliki kecerdasan emosional yang tinggi,” jelas Puglisi.

Selain itu, tipe MBTI ENFJ juga sangat hormat, pengertian, menawan dan umumnya santai, tambahnya.

Meskipun merupakan salah satu tipe langka dalam tes Myers-Briggs, memiliki ENFJ dalam hidup Anda yang dapat Anda percayai adalah hal yang berharga. Pastikan Anda merawatnya dengan baik.

MBTI cerdas lainnya dalam daftar adalah ESTJ. Orang-orang ini dilahirkan untuk menjadi diri mereka sendiri. ESTJ adalah perencana proyek yang hebat, mereka tahu bagaimana membuat segala sesuatunya tetap sederhana.

“Mereka tangguh, selalu bekerja, bergerak, memikirkan hal terbaik untuk masa depan. Mereka berpikir ke depan dalam menghadapi situasi dan sering mengancam masyarakat,” kata Puglisi.

Tipe ini tidak akan mundur ketika merasa perlu mengakui tanggung jawab dan akan selalu berdasarkan fakta nyata. Robledo mengatakan mereka secara umum lebih setara di masyarakat.

Sebagian besar karena kemampuan mereka mengawasi sistem, termasuk pendidikan dan bisnis. Hal ini disebabkan oleh dominannya aspek pemikiran ekstrover (Te).

“ESTJ mempunyai bakat untuk melihat apa yang terjadi di sekitar mereka (karena fungsi penginderaan mereka) dan menjadi lebih terorganisir,” menurut Robledo.

Tipe ENTJ memiliki kemampuan berpikir ekstrover yang dominan, sehingga menjadikan mereka salah satu tipe paling cerdas.

“ENTJ dapat menggabungkan banyak sumber informasi dan menerapkannya untuk menciptakan teori besar yang dapat diterapkan pada visi jangka panjang,” ujarnya.

Robledo menambahkan, contoh terkenal dari tipe MBTI cerdas ini adalah pendiri Apple Steve Jobs.

Namun, menurut Robledo, ENTJ cenderung kurang memiliki kecerdasan emosional dibandingkan rekan emosionalnya, seperti ENFJ.

ENTJ jauh lebih intelektual daripada emosional, dan tidak diragukan lagi ini adalah bagian dari apa yang membuat mereka tampak begitu bijaksana dan cerdas di mata orang-orang di sekitar mereka.

ISTP dengan kecenderungan introspektif, sensitif, berpikir dan pengertian dianggap termasuk kelompok cerdas.

Meskipun mereka berbeda pandangan mengenai kecerdasan, mereka adalah orang-orang yang sangat berharga ketika Anda mencoba merakit suatu benda yang rumit, atau ketika Anda mencoba menyelesaikan tugas-tugas yang membutuhkan ketelitian dan pemahaman yang mendalam.

“ISTP belajar melalui pengalaman langsung,” jelas Robledo.

Mereka cerdas dalam artian mereka dapat mempelajari keterampilan yang memerlukan kreativitas atau membangun keterampilan tanpa banyak arahan.

Menurut data dari Ball State University, tipe kepribadian ISTP sering kali berhasil berperan sebagai pegolf papan atas, arsitek lanskap, analis sistem, dan insinyur karena kemampuan mereka untuk menunjukkan sikap proaktif dan pemikiran inovatif.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D