0 0
Read Time:1 Minute, 23 Second

REPUBLIK. .

Budi mengatakan, ke depannya layanan Starlink akan menjangkau wilayah lain yang sebelumnya terkurung daratan dan belum terjamah oleh PJI setempat, karena teknologinya berbasis satelit Low Earth Orbit (LEO). “Jangan khawatir, harganya tidak sebanding dengan di Indonesia, persaingannya tidak ada. Ini (Starlink) di 3T (belum berkembang, perbatasan, terluar) lebih bagus dari pada di perkotaan. kota (Starlink) hilang,” ujarnya. Demikian disampaikan Dinas Pendidikan dan Penerangan Budi Center Jakarta, Selasa (30/4/2024). 

Oleh karena itu, Budi meminta PJI tidak perlu khawatir dan meskipun Starlink beroperasi di Indonesia, pihaknya akan tetap melayani masyarakat seperti biasa. Saat ini status izin Starlink telah lolos Uji Kepatuhan Operasional (ULO) yang berarti perusahaan milik Elon Musk telah disetujui sebagai operator telekomunikasi di Indonesia.

Budi mengatakan, ke depannya Starlink berencana menguji jaringannya di Ibu Kota Negara (IKN) pada pertengahan Mei 2024. Namun, Budi memastikan Starlink akan beroperasi penuh di Indonesia pada tahun 2024.

“Ini akan diterapkan tahun ini. Di satu sisi, kami ingin meningkatkan kecepatan jaringan, tapi kami khawatir dengan keseimbangannya.

Sebelumnya, Senin (29/4/2024), Aju Vidya Sari, Direktur Telekomunikasi Direktorat Jenderal Komunikasi dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), melakukan studi kelayakan perusahaan jasa telekomunikasi Amerika, Starlink , di Indonesia.

“Starlink sudah dapat izin layanan selulernya. Sudah habis masa berlakunya. Dua minggu lalu sudah habis masa berlakunya. Sekarang waktunya mengecek, tapi bilang sudah habis masa berlakunya,” kata Aju saat tes Starlink (ULO) di Jakarta, Senin. ).

Aju mengatakan Starlink perlu melakukan studi kelayakan untuk mendapatkan izin menyediakan layanan seluler di Indonesia. Selain lolos ULO, Starlink juga sedang melakukan uji coba layanan di wilayah Karawang, Jawa Barat untuk mendapatkan izin penyelenggaraan layanan seluler.

Setelah melalui ULO, jelasnya, Starlink bisa menjual layanan komersial di Indonesia.

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D