0 0
Read Time:1 Minute, 18 Second

dianrakyat.co.id, JAMBI — Kegiatan budaya Kenduri Swarnabhoomi yang berlangsung di Daerah Aliran Sungai (DAS) Batangari memasuki tahun ketiga yang dimulai pada Rabu (5/6/2024). Kegiatan ini menegaskan posisinya sebagai upaya pemajuan kebudayaan dan menjaga lingkungan hidup di DAS Batangari yang melintasi kabupaten/kota di Provinsi Jambi dan Dharmasraya di Provinsi Sumatera Barat.

Kenduri Swarnabhoomi 2024 akan lebih melibatkan tokoh lokal dalam penyelenggaraannya yang mengusung tema ‘Menghubungkan Masyarakat dengan Peradaban Sungai’. Khususnya dengan melahirkan kurator lokal yang merancang dan memastikan konsep penyelenggaraan kegiatan di setiap daerah tetap berakar kuat pada tradisi budaya.

Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Hilmar Farid mengatakan Kenduri Swarnabhumi bukan hanya sekedar festival tahunan tetapi juga sebagai cara memuliakan Sungai Batangari dan terus menjaga ekosistemnya.

“Svanabhumi Kenduri ibarat kapal yang membawa kebahagiaan di masa depan dan membawa kita menuju kejayaan Jambi,” kata Hilmar dalam siaran pers di Jakarta, Jumat (7/6/2024).

Direktur Film, Musik, dan Media Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ahmed Mahendra mengatakan Kenduri Swarnabhoomi merupakan sarana menginformasikan kepada masyarakat luas bahwa Jambi memiliki peradaban yang luar biasa maju di masa lalu. Beberapa kearifan lokal masih digunakan hingga saat ini.

Mahendra mengatakan, penyelenggaraan Kenduri Swarnabhoomi yang dilaksanakan mulai tahun 2022, telah mampu menyatukan berbagai jaringan pegiat budaya dan komunitas lingkungan hidup di wilayah Jambi untuk mempromosikan potensi budaya yang selaras dengan pelestarian lingkungan hidup. 

“Semangat kerjasama yang terjalin antara Kemendikbud dan pemerintah daerah, agar Kenduri Swarnabhoomi dapat sukses, perlu lebih diperkuat lagi agar semangat kemajuan kebudayaan khususnya di wilayah cekungan Batangari memiliki manfaat tersendiri. dirasakan masyarakat luas dilakukan,” kata Mahendra.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D