0 0
Read Time:1 Minute, 43 Second

JAKARTA – Yang perlu Anda ketahui hanyalah informasi terkait program studi teknik kelautan Anda, mulai dari program studi, universitas terbaik hingga peluang kerja bagi lulusannya.

Program Studi (Prodi) Teknik Kelautan memang belum banyak dikenal dalam dunia pendidikan tinggi di Indonesia. Namun saat ini minat terhadap arsitektur kelautan yang hebat perlahan-lahan muncul di dunia modern seiring dengan kemajuan di bidang transportasi laut. Artikel ini membahas tentang teknik kelautan di Indonesia, bacalah!

Temukan program studi teknik kelautan kami

Dikutip dari website Universitas Indonesia, Program Studi Teknik Kapal merupakan program studi yang mengutamakan pendidikan pada bidang perancangan kapal, proses produksi kapal, kegiatan perbaikan kapal, instalasi permesinan kapal, dan regulasi kelautan.

Program studi ini juga mengkaji tentang pengetahuan dasar dan manajemen pengelolaan galangan kapal. Namun tidak berhenti sampai disitu saja, program studi ini juga mempelajari tekanan yang ditimbulkan oleh laut atau air.

Ilmu yang didapat dari program studi Teknik Kelautan

Program studi Teknik Kelautan mempelajari sistem kapal dan mata pelajaran yang berhubungan dengan kapal, khususnya kelistrikan dan perpipaan. Manajemen dan produksi kapal dianalisis dari perspektif teoritis dan teknologi.

Hidrodinamika atau ilmu tentang gerak fluida dan gaya-gaya yang bekerja pada benda padat dalam fluida. Materi ini penting untuk dipelajari, mengingat mesin kapal beroperasi di lautan terbuka dengan gelombang besar. Konstruksi kapal dan kekuatannya dari segi desain dan standar tenaga.

Banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan memilih program studi teknik kelautan. Seperti kita ketahui, Indonesia merupakan negara maritim yang membutuhkan banyak tenaga ahli di bidang maritim khususnya pelayaran.

Bagi Anda yang menyukai bidang teknik, khususnya reparasi mesin, perancangan mesin, dan pengujian mesin, program studi ini cocok untuk Anda. Ahli pelayaran juga menerima gaji atau upah yang relatif tinggi.

Universitas di Indonesia yang membuka program studi teknik pelayaran

Di bawah ini adalah beberapa pilihan universitas yang menawarkan program studi teknik pelayaran yang dapat menjadi pilihan Anda, berdasarkan peringkat bidang teknik pelayaran menurut EduRank.

1. Institut Teknologi 10 November (50. Asia)

2. Universitas Diponegoro (peringkat 66 se-Asia)

3. Institut Teknologi Bandung (Asia 97)

4. Universitas Indonesia (peringkat 104 se-Asia)

5. Universitas Hasanuddin (140 Asia)

6. Universitas Sebelas Marit (Asia No. 147)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D