0 0
Read Time:2 Minute, 19 Second

DEPOK – Puasa bisa menyebabkan kekurangan cairan dalam tubuh. Salah satu dampaknya adalah kulit menjadi kurang terhidrasi sehingga terasa kering, dan skin sawar melemah sehingga sensitif dan rentan mengalami kemerahan. 

Dokter estetika, Dr. Prima Bachrul Alam menjelaskan, ada beberapa tanda kulit dehidrasi. apa pun? Ayo gulir untuk mengetahui lebih lanjut.

Penurunan kelembapan kulit akibat dehidrasi dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan gatal. Kondisi ini dapat memudahkan masuknya bakteri ke dalam kulit, kata dr Prima baru-baru ini dalam talk show MS Glow tentang kulit sehat dan glowing di Hari Raya di MS Glow Aesthetic Clinic Depok.

Ciri selanjutnya adalah kulit tampak kusam. Menurut dr Prima, kurangnya penyerapan cairan tubuh bisa menyebabkan kulit terlihat kusam. Selain itu, kulit dehidrasi akibat terlalu sedikit air juga bisa menimbulkan tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan.

Ciri ketiga adalah kulit menjadi kurang elastis. Elastisitas kulit bisa menurun jika lapisan luar kulit tidak mendapat cukup air. Kondisi ini bisa menyebabkan kulit terasa kasar,” jelasnya.

Dr Prima menjelaskan, cara mencegah dehidrasi kulit yang paling efektif adalah dengan mencukupi kebutuhan cairan dengan minum air putih minimal 8 gelas sehari (saat berbuka puasa dan sahur). 

Selain minum air putih, masih banyak cara lain untuk mencegah dan mengatasi kulit dehidrasi.  Kurangi konsumsi minuman beralkohol atau berkafein seperti kopi dan teh.  Hindari mandi dengan air panas karena dapat menghilangkan kelembapan kulit.  Gunakan pelembap untuk menjaga kelembapan kulit dan mencegah kulit kering.

Untuk mencapai hasil perawatan kulit yang maksimal, kita harus mengikuti empat urutan dalam mengaplikasikan perawatan kulit dengan benar, kata Dr. Prima. 

“Rutinitas dasarnya dimulai dengan double cleanser dan cuci muka dengan toner, lalu pelembap, dan tabir surya saat beraktivitas. Kalau kita sudah terbiasa menggunakan produk perawatan kulit, bisa ditambah serum dan krim malam,” jelasnya.

Selain itu, menurut dr Prima, sebaiknya gunakan juga humidifier untuk menjaga kelembapan kulit, terutama jika Anda sering berada di ruangan ber-AC atau tempat dengan kelembapan rendah, jika memungkinkan.

Selanjutnya pertimbangkan untuk mengonsumsi makanan yang lebih sehat untuk kulit, mulai dari ikan berminyak, alpukat, kiwi, wortel, bayam bahkan biji rami, tambahnya.

Sementara itu, Amelia Nasution, Direktur Komersial 99 Corp., menambahkan dehidrasi juga bisa terjadi akibat penuaan kulit yang tidak bisa kita hentikan, tapi bisa kita cegah. 

“Tanda-tanda penuaan atau penuaan kulit antara lain berkurangnya kelembapan kulit sehingga membuat kulit terasa kering. Jika kita merawat kulit wajah dengan hati-hati, kita bisa memperlambat proses penuaan dengan baik,” tutupnya.

“MS Glow Aesthetic Clinic memiliki beberapa perawatan yang dapat digunakan sebagai perawatan utama untuk kondisi kulit yang kurang terhidrasi seperti Silk Peel, Caviar, Oxygeneo, Meso Jet Peel dan Skin Booster,” tambah Amelia Nasution. Cara ini mampu memperlambat proses penuaan dan merangsang produksi kolagen untuk mengencangkan kulit. Meski proses penuaan tidak bisa dihindari, ada cara untuk memperlambatnya dan menjaga penampilan tetap segar dan awet muda. Bagaimana cara melakukannya? dianrakyat.co.id.co.id 6 Juli 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D