0 0
Read Time:3 Minute, 44 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta menawarkan beragam latihan meditasi tubuh dengan tujuan mencapai tingkat kesadaran yang lebih tinggi. Menurut Dr. Schwartz, tingkat mindfulness yang tinggi dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi penderita kecemasan atau depresi.

Bukti menunjukkan bahwa meditasi efektif membantu penderita depresi berat hingga depresi klinis. Dr. Schwartz juga mengutip keyakinan kuat di bidang ilmu saraf dan psikologi bahwa meditasi memiliki kemampuan untuk mengubah fisiologi otak seseorang.

Dikutip dari Health.com (4/3/2024), berikut 11 jenis meditasi yang bisa digunakan untuk membantu mengatasi meditasi.

Meditasi mindfulness adalah dasar dari banyak bentuk meditasi lainnya, yang didukung oleh bukti ilmiah yang kuat. Banyak bentuk meditasi lainnya yang mengambil inspirasi dari konsep dasar meditasi kesadaran. Meditasi mindfulness ini mengajak orang untuk fokus pada momen dengan kesadaran penuh. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa meditasi mindfulness efektif dalam mengurangi tingkat depresi, kecemasan, dan stres.

Dibandingkan dengan meditasi kesadaran yang lebih umum, meditasi cinta kasih berfokus pada menumbuhkan sikap cinta dan kebaikan terhadap diri sendiri dan orang lain. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang berlatih meditasi cinta kasih mengalami lebih sedikit depresi dan emosi negatif. Mereka memiliki pandangan yang lebih positif dan menunjukkan lebih banyak kepedulian terhadap orang lain.

Terapi ini menggabungkan meditasi dengan terapi perilaku kognitif (CBT), salah satu bentuk terapi paling umum yang digunakan untuk mengobati depresi. CBT bertujuan untuk mengubah pola pikir dan perilaku yang merugikan. Meditasi yang dikombinasikan dengan CBT dirancang untuk mencegah kekambuhan pada penderita depresi berulang. CBT juga terbukti efektif dalam mengobati depresi yang berkepanjangan.

Kesadaran nafas adalah komponen paling dasar dari berbagai bentuk meditasi, khususnya meditasi kesadaran. Meditasi ini mirip dengan meditasi mindfulness pada umumnya, namun menggunakan nafas sebagai fokus utama untuk membentuk pikiran. Meditasi kesadaran nafas biasanya melibatkan fokus pada pernapasan selama sekitar 15 menit setiap hari, baik masuk maupun keluar.

Meditasi Transendental adalah meditasi yang sangat populer dengan banyak pengikut. Dalam meditasi transendental, kata-kata atau mantra pribadi digunakan sebagai objek meditasi. Mantra pribadi ini sering kali terdiri dari satu atau dua suku kata.

Jalan kaki merupakan salah satu aktivitas yang bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental seseorang. Meditasi jalan kaki berpotensi memberikan efek yang lebih positif dibandingkan jalan kaki biasa. Meditasi ini sering kali dimulai dengan jalan aerobik dan kemudian dikombinasikan dengan meditasi Budha tiga kali seminggu. Bermeditasi sebelum atau sesudah jalan-jalan juga dapat menurunkan tingkat kecemasan.

Meditasi pemindaian tubuh melibatkan pemfokusan pada berbagai bagian tubuh secara berurutan. Praktik ini sering dikaitkan dengan berkurangnya reaksi berlebihan terhadap stres, serta pemantauan pikiran, perasaan, dan sensasi yang lebih positif.

Yoga merupakan salah satu bentuk olah raga yang memadukan gerakan fisik dengan teknik pernapasan dan meditasi. Variasinya, yoga Kundalini, yang mencakup nyanyian, telah ditunjukkan dalam penelitian untuk membantu mengobati gangguan obsesif kompulsif. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa yoga yang dikombinasikan dengan terapi perilaku kognitif (CBT) dapat mengurangi gejala depresi, kecemasan dan panik, serta meningkatkan kualitas tidur dan kualitas hidup secara umum bagi mereka yang mengikutinya.

Meskipun tidak secara resmi dianggap sebagai meditasi formal, meditasi pembersihan dapat memberikan manfaat. Aktivitas rutin seperti membersihkan panci atau wajan, jika dilakukan dengan penuh kesadaran, dapat menciptakan kondisi pikiran yang tenang.

Banyak pendapat yang mengatakan bahwa fokus pada gambar atau visual yang indah dapat menimbulkan rasa tenang dalam diri seseorang. Dalam sebuah penelitian, pendekatan ini juga digunakan untuk mengubah cara seseorang mengingat kenangan negatif.

Secara historis, banyak meditasi menggunakan nyanyian teratur atau suara Sungai Gangga sebagai cara untuk mengarahkan pikiran. Menurut Dr. Schwartz, bernyanyi berfungsi sebagai alat untuk mencapai keadaan meditasi yang serupa atau serupa, yang bertujuan untuk mencapai satu titik fokus.

Meditasi merupakan salah satu bentuk latihan untuk memfokuskan dan menjernihkan pikiran, sehingga dapat merasa lebih tenang, rileks, dan produktif.

Cara bermeditasi: Duduk tegak lalu tarik napas dalam-dalam lalu ulangi. Fokuskan perhatian Anda pada napas dan perasaan Anda. Secara bergantian fokuskan pikiran Anda pada bagian tubuh yang berbeda, sambil terus bernapas perlahan.

Meditasi merupakan salah satu teknik relaksasi yang terkenal sebagai salah satu cara mengatasi stres. Namun perlu diketahui bahwa manfaat meditasi tidak terbatas pada kesehatan mental saja. Sebab, meditasi secara teratur juga membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan jantung.

Bagi pemula, perhatikan 5 tips berikut ini agar proses meditasi Anda berjalan dengan baik: Mulailah dengan meditasi 2 menit. Jangan terlalu khawatir tentang teknologi3. Hitung nafas ke hatimu4. Bersikap baik kepada diri sendiri. Tersenyumlah saat meditasi selesai.

Meditasi yang sukses juga ditandai dengan perubahan perilaku menjadi lebih mudah memaafkan. Orang yang suka balas dendam biasanya sulit memaafkan orang lain. Memendam emosi negatif pasti akan berdampak buruk pada diri sendiri. Meditasi dapat membantu menghilangkan emosi negatif ini.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D