0 0
Read Time:3 Minute, 53 Second

dianrakyat.co.id Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jakarta, Luhut Bansar Pandjitan mengaku jenuh menggunakan jalur over the air (OTT) untuk kegiatan korupsi yang menghabiskan banyak uang.

Sebab, menurutnya, proses digitalisasi tidak hanya mengurangi biaya, tapi juga mengurangi kemungkinan terjadinya praktik korupsi.

“Kami melihat katalog elektronik yang kami hadirkan secara bertahap akan mengurangi korupsi. OTT tidak akan terjadi lagi, korupsi pasti akan berkurang karena berurusan dengan mesin,” ujarnya di Jakarta, Senin (6/10/2024). ).

Luhut pun mengaku dikritik karena menyetujui praktik OTT. Alasannya, menurutnya itu adalah tugas yang sulit.

“Begini, saya jadi pusing kenapa Pak Luhut tidak setuju dengan OTT. Ya saya tidak setuju, kalau tanpa OTT bisa, kenapa tanpa OTT?” – Katanya, itu menceritakan kisahnya.

“Dia orang desa yang bodoh. Dia sedang mengetik di telepon. Hal berikutnya yang dia ingat adalah berbicara dengan istrinya, ‘Wah, tadi malam bagus.’ Semua bohong,” lanjutnya.

Selain itu, Lohut juga angkat bicara soal dugaan dukungan terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Bahkan, dia mengklaim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ikut terlibat dalam pembuatan e-katalog tersebut.

“Begini, saya bilang, masih ada yang bilang KPK itu bonsai, apa itu bonsai? Makanya dibuat e-katalog kan? KPK juga ikut bekerja sama dengan kami. Hal ini kami lakukan agar masyarakat tidak perlu lagi mengambil OTT-OTT,” ujarnya.

 

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Bansar Pandjaitan membantah tudingan Indonesia sebagai negara kreditor. Ia memperkirakan utang pemerintah masih relatif aman dan rasio produk domestik bruto (PDB) berkisar 36%.

“Ada yang bilang utang kita tinggi, rasio PDB kita masih 36%, masih lebih rendah dibandingkan negara kebanyakan. Salahnya di mana?” kata Luhut, Senin (6/10/2024) pada Upacara Dies Natalis HIPMI ke-52 di Hotel Fairmont Jakarta.

Menurut dia, target pertumbuhan ekonomi yang ditetapkan pemerintah dapat tercapai tanpa mengganggu stabilitas keuangan negara. Ia pun yakin defisit APBN ke depan bisa terjaga di kisaran 2,5%.

“Mereka membuat model ekonomi di kantor saya. Jadi kita lihat 5 tahun ke depan kita tidak terlalu mempermasalahkan defisit anggaran 2,5%,” tambah Luhut.

Oleh karena itu, ia optimistis ke depan pemerintah mampu terus melaksanakan berbagai proyek besar seperti Ibu Kota Negara (IKN), jalan raya, dan program pangan gratis bergizi yang diusung Presiden terpilih Indonesia. 2024-2029,Prabowo Subianto.

Dikatakannya: “Ini bisa kita laksanakan di ibu kota, pembangunan Jalan Tol Sumatera bisa kita selesaikan, dan proyek pangan lainnya bisa kita laksanakan secara bertahap, berkat gagasan Presiden terpilih.”

Oleh karena itu, Luhut kembali menegaskan utang pemerintah tidak akan menjadi beban di masa depan. Ia mengatakan, pemerintah sudah lama mengelola perekonomian nasional, termasuk masalah utang.

“Kami tidak ada masalah, utang kami masih layak untuk dilunasi. Koordinasi peningkatan defisit di perbatasan, restrukturisasi belanja bermanfaat dan semuanya kami lakukan secara bertahap, anggaran ini akan terus berlanjut.” Jelas

“Soalnya angka-angka ini masih bagus. Rasio utang dan rasio bunga utang kita terkelola dengan baik. Ini pengalaman pemerintah: Saya kira selama puluhan tahun, Indonesia tidak salah,” pungkas Luhut.

 

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Bansar Pandjitan menjabarkan sejumlah rencana pengambilalihan perusahaan pelat merah di pasar internasional, seperti PT Pertamina (Persero) ke Brazil dan Perum Blog ke Kamboja.

Luhut mengatakan, pembangunan ke depan harus memperhatikan tren global saat ini, khususnya ketahanan pangan dan energi. Keduanya bisa didapat dari tebu mentah asal Brazil yang saat ini menjadi fokus Pertamina.

“Presiden telah memutuskan bahwa Pertamina akan mengambil alih perusahaan tersebut dan saat ini sedang melakukan upaya besar untuk mengakuisisi perusahaan di Brazil yang dapat memasok gula dan etanol. Jadi, cuaca buruk di Jakarta dan polusi yang tinggi, secara bertahap kami akan mengganti bensin. dengan bio-etanol.” . “Nah, saya kira dalam 3, 2 tahun ke depan kita sudah bisa mendapatkan sumber daya energi dan sumber daya gula di Brazil, ini akan meningkatkan ketahanan energi kita,” kata Luhut.

Masih soal ketahanan pangan, Luhut juga menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah memerintahkan Perum Blog mengamankan pasokan beras dari Kamboja.

“Pada saat yang sama, blog akan mendapatkan banyak sumber daya beras di Kamboja. Presiden memerintahkan saya untuk mengambil tindakan lebih lanjut. Dan itu sudah kita putuskan, sekarang kita hanya perlu berhati-hati,” tambahnya.

 

Putaran akuisisi ini didorong karena Lohut mengkhawatirkan risiko ekonomi global jangka pendek dan dampaknya terhadap perekonomian domestik. Dalam hal ini mengacu pada konflik geopolitik yang memanas antara Israel dan Palestina di Timur Tengah.

“Saya kira ini masalah yang sangat serius. Kita lihat solusi di Gaza masih belum jelas, sekarang pemerintahannya malah lebih sempit. Tapi tergantung banyak negara yang terlibat konflik, Hamas. Ada juga negara tetangga. , Amerika, Cina, Rusia, yang belum pernah terjadi.

“Jadi kompleksitas permasalahan di Timur Tengah semakin meningkat. Menurut saya, hal ini akan berdampak antara lain: permasalahan transportasi, pengangkutan barang, yang pada akhirnya akan berdampak pada energi dan bahan baku pangan, sehingga menimbulkan permasalahan pada harga,” tegas Lohut Bansar Panjitan.

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D