0 0
Read Time:2 Minute, 48 Second

JAKARTA, 24 Juni 2024 – Jika Anda pernah melihat mobil Anda mogok saat menginjak gas, pastinya hal tersebut dapat menghambat perjalanan Anda. Ternyata ada beberapa hal yang bisa menyebabkan mobil mogok atau kesulitan mengisi bensin.

Mesin mobil yang bermasalah menjadi pemicu yang bisa menyebabkan mobil mogok saat start. Mulai dari mesin terlalu panas hingga kebocoran udara pada sistem injeksi, simak berbagai penyebab mobil mogok saat berakselerasi, seperti tercantum di situs resmi Suzuki.

1. Overheating Salah satu penyebab mati mesin yang paling sering terjadi adalah mesin terlalu panas atau terlalu panas. Hal ini menyebabkan mobil melambat. Lebih tepatnya, mesin terlalu panas menyebabkan pedal gas tidak berfungsi atau kotor. 

Gangguan paparan mobil saat mengemudi. Jika mesin terlalu panas, sebaiknya periksa radiator mobil, mengingat air di radiator sudah berkurang.

2. Pompa bahan bakar Pompa bahan bakar yang rusak juga dapat menyebabkan mobil mogok saat dikendarai. Pompa memiliki karburator perumahan. Jika membran pecah dan aus, maka proses suplai bahan bakar ke injektor terhenti.

3. Throttle Body Kotor Throttle body merupakan saluran masuk udara yang mengatur kecepatan mesin mobil. Jika kondisinya tidak cukup bersih, sistem akan otomatis berhenti bekerja. Yang terjadi selanjutnya, mobil terhenti karena kehabisan bensin. Untuk mencegah masalah ini, Anda harus membersihkan dan memeriksa throttle body secara rutin. Bersihkan setidaknya setiap 50.000 km. 

4. Masalah sensor kendaraan. Jika sensor rusak maka pengiriman sinyal ke ECU menjadi salah. Setelah itu, proses pengiriman bahan bakar menjadi tidak relevan lagi. Perhitungan ECU yang salah menyebabkan kebisingan. Salah satu masalahnya adalah mobil mogok saat berakselerasi. 

5. Kehabisan bensin Saat mobil kehabisan bahan bakar, proses pembakaran mobil terhenti. Menyebabkan mobil tersandung saat berjalan. Jangan biasakan mengisi bahan bakar hanya pada saat bahan bakar hampir habis. 

6. Filter bahan bakar yang kotor pada mobil yang rusak bisa disebabkan oleh filter bahan bakar yang tersumbat. Hal ini menyebabkan tertundanya penyaringan bahan bakar di ruang mesin. Akibatnya, proses pembakaran menjadi kurang maksimal dan menyebabkan mobil mogok hingga gas bocor. Tidak hanya kotor, kebocoran filter dan saluran bahan bakar juga dapat menyebabkan kerusakan pada mobil.

7. Gangguan aliran massa udara Aliran massa udara berperan dalam mengukur jumlah udara yang masuk ke ruang bakar. Jika terjadi masalah pada komponen ini maka pasokan udara juga akan terputus dan mesin akan berhenti.

8. Busi Jika busi tidak memenuhi standar, maka daya pengapiannya tidak maksimal. Proses pembakaran tidak terjadi sehingga laju mobil terhenti.  Selain itu, jika busi sudah tua, terbakar atau rusak, sebaiknya Anda menggantinya. Apalagi jika sudah gosong dan berwarna hitam. Pastikan untuk mengganti busi sesuai standar pabrikan kendaraan untuk mencegah kebocoran gas dari kotoran.  

9. Karburator Rusak RPM Normal (Revolutions Per Minute) diatas 5000 RPM. Jika mobil Anda hanya berhenti pada putaran tinggi, periksalah karburator mobil Anda.  Kerusakan karburator akan menyebabkan jarum indikator RPM tidak mencapai angka tersebut sehingga menyebabkan mobil mogok.

10. Asupan udara pada sistem injeksi Asupan udara pada sistem injeksi pada putaran rendah merupakan salah satu penyebab utama terjadinya perlambatan mobil. Sebab, kondisi tersebut menyebabkan gelembung udara masuk ke sistem pembakaran.  Adanya gelembung udara membuat tekanan bahan bakar menjadi tidak stabil. Hal ini mempengaruhi kecepatan mesin yang melambat saat kehabisan bensin.  Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Bandung, Bogor, Bekasi, Rabu 3 Juli 2024 Seperti dilansir dari laman Korlantas Polri pada Rabu, 3 Juli 2024, masyarakat di wilayah Jakarta Pusat bisa datang ke Kantor Pos Lapangan Banteng. Satu kartu SIM seluler akan tersedia di dianrakyat.co.id.co.id pada 3 Juli 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D