0 0
Read Time:2 Minute, 5 Second

BEIJING – Ada beberapa fakta terkait pengembangan nuklir China yang menarik untuk diketahui. Kini diperkirakan Negeri Tirai Bambu setidaknya memiliki 500 hulu ledak.

Tiongkok merupakan salah satu negara dengan kemampuan militer terhebat di dunia. Negara ini juga merupakan salah satu dari sedikit negara yang diketahui memiliki senjata nuklir.

China disebut-sebut telah mengembangkan program modernisasi nuklirnya dalam beberapa tahun terakhir. Mereka dapat memproduksi lebih banyak jenis dan jumlah senjata dibandingkan negara lain.

Baru-baru ini, sebuah kelompok riset internasional bahkan menyebut ekspansi senjata nuklir Beijing sebagai yang tercepat di dunia. Berikut beberapa fakta pengembangan nuklir China yang mungkin bisa Anda ketahui.

Fakta tentang tenaga nuklir Tiongkok1. Pertama kali diluncurkan pada tahun 1964, pengembangan senjata nuklir China memakan waktu lama. Konon Beijing pertama kali mengembangkannya pada akhir tahun 1950-an dengan bantuan Uni Soviet.

Beberapa saat setelah pembangunan awal, Tiongkok meluncurkan uji coba nuklir pertamanya pada tanggal 16 Oktober 1964. Namun, setelah memilikinya, Beijing menganggap senjata-senjata ini hanya memberikan pencegahan minimal jika terjadi serangan oleh negara lain yang mempunyai senjata nuklir.

Melansir laman Nuclear Threat Initiative, Rabu (19/6/2024), China selalu mengandalkan saran atau masukan asing sejak awal pengembangan program nuklirnya. Namun lama kelamaan mereka bisa mandiri dan tetap produktif.

2. Jumlah hulu ledak nuklir di China Saat ini hanya sedikit negara yang memiliki senjata nuklir. Menariknya, Tiongkok adalah salah satunya.

Menurut data Statista, pada Januari 2024, Tiongkok memiliki 500 hulu ledak nuklir. Angka tersebut masih tertinggal jauh dibandingkan negara lain seperti Amerika Serikat dan Rusia.

Namun ternyata perkembangan nuklir China sangat pesat. Tim peneliti Institut Penelitian Perdamaian Internasional Stockholm (SIPRI) mengatakan ekspansi senjata nuklir Beijing adalah yang tercepat di dunia.

Pada Januari 2023 jumlahnya mencapai 410 surat kabar. Sedangkan pada Januari 2024 jumlahnya mencapai 500.

3. Nomor 3 Dunia Seperti disebutkan di atas, China sudah memiliki 500 hulu ledak nuklir. Angka tersebut menempatkannya sebagai negara dengan jumlah hulu ledak nuklir terbesar ketiga.

Beijing hanya berada di belakang Amerika Serikat dan Rusia yang sudah memiliki ribuan hulu ledak. Namun, data Tiongkok di atas diperkirakan akan terus meningkat seiring berkembangnya negara tersebut.

Baca juga: Hadapi Rusia dan China, NATO Akan Kerahkan Lebih Banyak Senjata Nuklir

4. Digunakan dalam berbagai senjata Dalam perkembangannya, Tiongkok telah mengembangkan persenjataan nuklirnya lebih cepat dibandingkan negara lain. Modernisasi terus berlangsung secara signifikan.

Dikutip dari Bulletin of Atomic Scientist, Tiongkok juga menempatkan hulu ledak nuklirnya pada sejumlah senjata berbeda. Misalnya rudal balistik darat, rudal balistik antarbenua (ICBM), rudal balistik jarak menengah, dan lain-lain.

Berikut beberapa fakta mengenai program nuklir China yang mungkin Anda ketahui.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D