0 0
Read Time:1 Minute, 0 Second

SYDNEY – Para ilmuwan telah menemukan bukti menarik tentang kehidupan tertua di Bumi, yakni berusia sekitar 3,5 miliar tahun.

Benda langka itu ditemukan di sebuah danau jernih di Dataran Tinggi Atacama Argentina, dekat perbatasan Chile dan Bolivia.

Di ketinggian lebih dari 12.000 meter di atas permukaan laut, terdapat danau dangkal dengan struktur unik yang disebut stromatolit. Stromatolit ini merupakan kumpulan batuan berkapur dan sedimen yang dibentuk oleh pertumbuhan mikroorganisme fotosintetik yang dikenal sebagai cyanobacteria.

Dinamakan berdasarkan kata Yunani yang berarti “batuan berlapis”, stromatolit ini adalah fosil yang hanya ditemukan di beberapa danau dan teluk payau di planet kita.

Ekosistem unik mereka memberikan gambaran tentang miliaran tahun lalu ketika organisme primitif muncul di planet ini.

“Stromatolit ini mungkin salah satu contoh terbaik dari tanda-tanda pertama kehidupan di Bumi. Saya belum pernah melihat yang seperti ini sebelumnya, dan saya yakin ilmuwan lain juga belum pernah melihatnya.” menemukan sesuatu yang belum pernah tercatat di planet kita,” lapor ahli geologi Brian Hynek.

Penemuan unik ini memberikan wawasan baru mengenai asal usul kehidupan di Bumi dan potensinya di planet lain.

Stromatolit ini berfungsi sebagai pengingat bahwa bahkan di tempat paling terpencil dan terpencil di planet kita, kehidupan dapat menemukan cara untuk tumbuh dan bertahan hidup.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D