dianrakyat.co.id, Maskapai Garuda Indonesia dan Citilink telah menyiapkan 1,4 juta kursi penumpang saat mudik Lebaran dari Jakarta. Jumlah tersebut juga sudah termasuk penerbangan yang diserahkan kepada otoritas penerbangan. Kami melihat kenaikannya cukup dari waktu ke waktu. Kami berharap cukup 1,4 juta dolar, kata Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra, Selasa (26/3/2024).
Irfan juga mengatakan, saat musim lebaran tiba, sebagian besar pengguna transportasi udara sibuk bepergian ke destinasi wisata seperti Bali dan Surabaya untuk penerbangan domestik menuju Singapura.
Sebenarnya dalam beberapa tahun terakhir, penumpang Garuda tidak semua yang mudik, ada pula yang setiap tahunnya menambah liburan, masa liburannya lebih panjang, jelas Irfan.
Tanggal 6 April pun diprediksi menjadi puncak arus mudik Lebaran 2024 dari Jakarta. Sedangkan akan tenggelam kembali pada tanggal 14 April 2024 sesuai tanggal keberangkatan kolektif.
“Bahkan, kami mengontrol beberapa destinasi yang paling banyak peminatnya dan membolehkan mereka terbang ke sana. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor yang mungkin terjadi; salah satunya adalah jika ada pesawat, apakah tersedia ruang; cukup? Itu ada ruang yang cukup untuk penumpang, “katanya.
PT Garuda Indonesia Tbk merupakan salah satu maskapai penerbangan paling tepat waktu di dunia hingga tahun 2023. Pengakuan internasional ini diberikan oleh OAG Flightview, yang diberikan oleh lembaga independen asal Inggris yang mengevaluasi kinerja tepat waktu maskapai penerbangan global.
Garuda Indonesia menempati peringkat pertama dalam 20 besar maskapai global dan merupakan maskapai tepat waktu terbaik di kawasan Asia Pasifik yang diwakili oleh tingkat kinerja tepat waktu (OTP) sebesar 95,28% untuk total lebih dari 49.000 penumpang. Ini akan terbang pada tahun 2023.
Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menjelaskan pencapaian tersebut menjadi sebuah optimisme bagi Garuda Indonesia sebagai flag carrier untuk terus mengoptimalkan berbagai lini layanan dan operasional guna memberikan pelayanan penerbangan yang lebih baik kepada masyarakat.
Selain itu, Pengakuan ini mencerminkan semangat dan komitmen seluruh insan Garuda Indonesia selama lebih dari 7 dekade dalam memberikan pelayanan penerbangan yang aman dan nyaman kepada seluruh masyarakat.
“Bertepatan dengan HUT Garuda Indonesia ke-75, kami yakin para pengguna jasa tetap mempercayai layanan penerbangan Garuda dari nilai inti yang kami pegang, yaitu ketepatan waktu kedatangan.” tulis Irfan pada Rabu (31/1/2024).
Selain itu, Irfan Garuda Indonesia mengetahui banyak tantangan yang dihadapi industri penerbangan global pascapandemi.