0 0
Read Time:2 Minute, 56 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta Merry Nurazizah atau akrab disapa Merry berprofesi sebagai agen BRILink. Hal ini cukup mengejutkannya karena awalnya ia masih asing dengan dunia perbankan dan berbagai keuntungan yang ada sebelum akhirnya menjadi agen BRILink yang sukses di wilayahnya, Desa Maluk, Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Ya, AgenBRILink merupakan perpanjangan layanan BRI dimana agen menawarkan layanan perbankan secara langsung. Layanan ini menjangkau seluruh wilayah di Indonesia, termasuk wilayah 3T (Terdepan, Terpencil dan Tertinggal). Meski baru hadir sejak Maret 2023, Merry sudah menunjukkan kemampuannya menghadirkan akses perbankan bagi warga di wilayahnya. 

Dengan demikian, warga Desa Maluk tidak lagi harus menempuh perjalanan berkilo-kilometer dan menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk menyetor, menarik uang tunai, mencairkan dana bantuan sosial (Bansos) atau membayar tagihan lainnya ke BRI Sumbawa Unit Besar. Hal ini disebabkan adanya fitur Electronic Data Capture (EDC) pada ATM BRI Mini di Agen BRILink. 

Namun menurut Merry yang namanya membuka usaha di desa masih ada pasang surutnya, seiring dengan minimnya modal, hal ini tentu menjadi kendala yang tidak bisa dihindari. Oleh karena itu, selain memproses setor tunai, tarik tunai, transfer, pembayaran tagihan utilitas, nota kredit, isi ulang dompet digital, dll, Merry juga memutuskan untuk menjadi mitra Pembiayaan Ultra Mikro (UMi). Merry juga bisa memberikan pinjaman kepada warga sekitar, seperti pinjaman KECE (Kredit Cepat) senilai Rp10 juta kepada masyarakat di sana.

 

“Untuk mencari pelanggan, melibatkan komunitas lokal adalah kunci terpenting yang perlu dilakukan. Selain itu, kami aktif menggalakkan program BRILink,” ujarnya.

Berkat inovasi yang diterapkan, Merry berhasil menggairahkan minat pelanggan untuk menggunakan layanan AgenBRILink. Semangatnya untuk terus belajar dari agen lain juga terbukti bermanfaat dalam perkembangan usahanya. Meski libur lebaran sudah dekat, Mery tetap setia dan tetap menjalankan ibadahnya tanpa terputus. Keputusan tetap buka saat hari raya bukan hanya sebagai wujud keseriusan dalam melayani nasabah, namun juga sebagai upaya untuk melanjutkan program THR. 

“Masih belum ada penutupan saat lebaran, dan untungnya saat hari raya semakin ramai karena kami ingin mengejar program THR sehingga tidak ada hari libur,” kata Mery.

Semangatnya yang tak kenal lelah semakin menguatkan kesan bahwa bekerja sebagai agen BRILink bukanlah pekerjaan biasa bagi Merry. Saat ditanya motivasinya menjadi broker, Merry dengan tegas mengatakan bahwa dirinya merasa memiliki tanggung jawab yang besar untuk menjaga kepercayaan klien. Bagi Merry, kepercayaan adalah modal yang harus dijaga dengan integritas dan komitmen.

Kisah sukses Merry Nurazizah sebagai Agen BRILink tidak hanya menginspirasi tetapi juga menjadi bukti bahwa kesuksesan di bidang pilihannya dapat diraih oleh siapa pun dengan kerja keras, keikhlasan, dan semangat dalam pelayanan. Semoga kisah perjuangan Merry bisa menjadi motivasi banyak orang untuk pantang menyerah meraih impiannya.

 

Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengatakan layanan AgenBRILink dirancang untuk memudahkan masyarakat mengakses layanan perbankan. Selain transaksi tarik tunai, juga terdapat layanan kebutuhan sehari-hari seperti pembayaran listrik, air, iuran BPJS, telepon, pembelian pulsa, pembayaran cicilan, isi ulang BRIZZI, deposito, jasa perantara hingga pembukaan rekening tabungan atau pinjaman BSA dan transaksi lainnya.

“Agen BRILink merupakan bukti nyata pemberdayaan ekonomi BRI, karena fee yang diperoleh agen bisa dua hingga tiga kali lipat dari yang diterima BRI. Dengan menjadi agen, masyarakat dapat meningkatkan pendapatannya dan pada akhirnya meningkatkan kehidupan ekonomi dan sosialnya, kata Supari. 

Tercatat, agen ini berhasil mencatatkan 285 juta transaksi keuangan pada kuartal pertama tahun 2024, meningkat secara year-on-year sebesar 12,8% dibandingkan 252,5 juta transaksi pada kuartal pertama tahun 2023. Peningkatan tersebut dibarengi dengan volume transaksi yang mencapai Rp370 triliun pada periode tersebut. Jumlah agen BRILink juga meningkat sebesar 22,4% year-on-year, dari 650.780 agen pada akhir Maret 2023 menjadi 796.836 agen pada Maret 2024.

 

 

(*)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D