0 0
Read Time:1 Minute, 36 Second

JAKARTA – LPDP atau Lembaga Pengelola Dana Pendidikan merupakan beasiswa yang banyak dicari mahasiswa. Apalagi beasiswa ini akan segera membuka pendaftaran tahap kedua.

Pendaftaran Beasiswa LPDP tahap kedua akan dimulai pada 19 Juni 2024. Namun sebelum itu, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu kedua program beasiswa yang sedang diluncurkan.

Baca juga: Dibuka 19 Juni, Ini 3 Jenis Beasiswa LPDP 2024 Tahap 2 yang Perlu Diketahui

Pada beasiswa LPDP sendiri terdapat beasiswa reguler dan World Premier Universities (PTUD), keduanya memiliki beberapa perbedaan yang harus diketahui oleh peminat beasiswa ini agar tidak salah dalam memilih.

7 Perbedaan LPDP Reguler dan PTUD1. Pemahaman

LPDP Reguler merupakan program beasiswa yang diperuntukkan bagi warga negara Indonesia yang ingin melanjutkan studi pada jenjang magister dan doktoral melalui mekanisme dan prosedur yang telah ditetapkan.

Baca Juga: Bisa Daftar Beasiswa LPDP 2024 Tahap 2 Tanpa LoA, Begini Caranya

Sedangkan LPDP PTUD merupakan program beasiswa bagi warga negara Indonesia yang mendapatkan surat penerimaan atau surat penerimaan tanpa syarat dari universitas-universitas terkemuka di dunia untuk mengejar gelar master dan doktoral.

2. Pilihan universitas

Pada beasiswa LPDP Reguler, peserta dapat bebas memilih perguruan tinggi yang terdaftar di dalam negeri maupun luar negeri, sepanjang memenuhi syarat dan ketentuan yang ditentukan.

Sedangkan bagi penerima beasiswa LPDP PTUD, pilihan universitasnya dibatasi hanya pada 25 World Premier Universities yang ditunjuk, dan seluruhnya berlokasi di luar negeri.

3. Syarat

Salah satu syarat yang membedakan LPDP Reguler dan PTUD adalah adanya kepemilikan LoA Unconditional dari kampus tujuan. Persyaratan ini harus dipenuhi oleh pelamar beasiswa PTUD.

Baca Juga: Dibuka 19 Juni 2024, Cek Dokumen Daftar Beasiswa LPDP 2024 Tahap 2

Pelamar beasiswa reguler tidak diwajibkan memiliki LoA Tanpa Syarat dari kampus tujuan, kecuali saat mendaftar di perguruan tinggi yang tidak tercantum dalam LPDP.

4. Skor TOEFL dan IELTS

Pelamar beasiswa reguler harus memenuhi skor TOEFL dan IELTS sebagai berikut:

– Master asing: TOEFL iBT® 80, PTE Academic 58, atau IELTS™ 6.5.

– Magister Domestik: TOEFL® ITP 500, TOEFL® iBT 61, PTE Academic 50; atau IELTS™ 6.0.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D