0 0
Read Time:1 Minute, 28 Second

dianrakyat.co.id, JAKARTA — Mendonor darah merupakan tindakan mulia yang tidak hanya menyelamatkan nyawa orang lain, namun juga bermanfaat bagi kesehatan pendonor. Dibalik kantung darah pemberi kehidupan, ternyata ada segudang manfaat yang tidak disangka-sangka.

Dokter RS ​​Fatmavati J Nethasia Lauhenapessi mengatakan, donor darah meningkatkan kesehatan jantung dan aliran darah, donor darah dapat menurunkan risiko stroke dan penyakit jantung.

“Juga meningkatkan produksi darah merah. Kalau diambil darahnya 350 cc, maka tubuh akan membuat darah baru. Jadi lagi produksi darah merahnya meningkat. Dalam waktu dua bulan, tubuh akan membuat darah baru,” ujarnya. beberapa waktu lalu.

Dijelaskannya, pembentukan darah baru membutuhkan waktu 2 bulan untuk pria dan 3 bulan untuk wanita. Sedangkan bagi pendonor apheresis atau yang hanya mendonorkan plasma dan trombosit, proses regenerasinya memakan waktu dua minggu.

Mendonorkan darah dapat menurunkan kadar kolesterol dan menstabilkan kadar zat besi, ujarnya. Kemudian pada saat donasi mereka dilakukan screening terhadap 4 jenis penyakit yaitu HIV, Hepatitis B, Hepatitis C dan Sifilis. gratis. Ini sangat berguna bagi kami bersamaan dengan pemeriksaan kesehatan.

Ia mengatakan, mendonor darah dapat meningkatkan kondisi mental seseorang, karena membantu orang lain memberikan rasa bahagia sehingga memperpanjang umur.

Banyak pendonor yang sudah genap 70 tahun masih diminta untuk mendonor, tapi kalau sehat, jantungnya kuat, dan semuanya sehat, bisa mendonorkan darahnya, ujarnya.

Darah yang diambil dari donor diproses dengan mesin dan dipisahkan menjadi sel darah merah, plasma, dan trombosit, katanya. Artinya, dari 1 kantong darah bisa dibuat 3 unit darah. Tiga unit darah untuk 3 pasien, ujarnya.

Dokter mengatakan bahwa mendonor darah merupakan proses yang sangat aman, namun ada beberapa persiapan yang harus dilakukan terlebih dahulu agar tubuh tetap baik selama proses tersebut, agar tidak pusing, mual bahkan pingsan. Persiapannya antara lain tidur cukup dan tidak begadang, banyak minum air putih, serta mengonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D