0 0
Read Time:1 Minute, 13 Second

dianrakyat.co.id, JAKARTA — Tidak semua nasihat kesehatan di platform media sosial bisa dipercaya. Sayangnya, kini banyak orang yang mencari nasihat kesehatan melalui media sosial, seperti TikTok dan YouTube, dibandingkan berkonsultasi dengan profesional medis.

Peneliti klinis Francesca Jackson-Spence dari Barts Cancer Institute di Queen Mary University of London di Inggris prihatin dengan fenomena ini. Karena nasehat buruk yang tidak datang dari ahli dan profesional bisa berbahaya.  

“Hal ini juga dapat menyebabkan orang menunda perawatan medis ketika mereka mengadopsi ‘tren TikTok’ ketika gejala kesehatan tertentu pertama kali muncul,” kata Jackson-Spence, seperti dikutip Telegraph, Rabu (29/5/2024).

Kalaupun ingin mencari informasi melalui media sosial, saran Jackson-Spence adalah memilih sumber yang terpercaya, seperti akun profesional medis yang kredibel untuk berbagi pesan kesehatan. Jackson-Spence, yang juga bertugas merawat pasien kanker, berbagi sejumlah tren kesehatan dan tips TikTok yang sebaiknya diabaikan.  

1. Air Beras untuk Pertumbuhan Rambut

Menyemprotkan air beras ke rambut Anda dikatakan dapat meningkatkan pertumbuhan rambut, karena “ramuan” tersebut mengandung asam amino seperti inositol. Jackson-Spence mengatakan hal itu tidak benar. Penumpukan air beras justru bisa mengiritasi kulit kepala dan berdampak buruk pada pertumbuhan rambut.  

2. Buatlah sereal tanpa biji-bijian

Ada tren untuk membuat sereal tanpa biji-bijian, termasuk mencampurkan berbagai buah beri ke dalam mangkuk lalu menuangkan air kelapa. Menurut Jackson-Spence, tren ini dapat menyebabkan peningkatan makanan nabati dan penurunan biji-bijian olahan. Namun, kita tidak boleh lupa mengonsumsi makanan selain buah-buahan agar pola makannya seimbang.

Minumlah air garam untuk…

 

 

 

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D