0 0
Read Time:1 Minute, 42 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta Ada kekhawatiran penyakit kronis akan muncul kembali akibat pola makan yang tidak teratur dan tidak teratur selama festival. Hal ini dilakukan oleh Prof Ari Faryal Siam dari Departemen Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Ia juga mengingatkan masyarakat yang menderita penyakit kronis seperti tekanan darah tidak terkontrol, kolesterol tinggi, asam urat, diabetes, kelebihan gula, dan maag pada minggu pertama Idul Fitri. 

“Bisa saja satu atau dua hari lebaran nanti terulang, jadi ini yang kita harapkan agar penyakit kronis ini tidak terulang kembali,” kata Ari merujuk Antara.

Penyakit kronis ini sebaiknya dikendalikan dengan berpuasa yang mengharuskan makan dengan jadwal teratur dan mengurangi kebiasaan makan berlebihan. Ia mengatakan bahwa puasa telah menyembuhkan sakit maag pada sebagian besar pasien. Bagaimana mencegah kambuhnya penyakit kronis

Untuk menghindari kambuhnya penyakit tersebut, Ari berpesan agar berhati-hati dalam memilih makanan yang disajikan saat Idul Fitri. Setelah itu, jangan makan berlebihan dan hindari makanan yang terlalu asin.

Ari mengingatkannya untuk terus makan sayur dan buah. 

“Sebaiknya tetap konsumsi sayur dan buah, karena mengurangi penyerapan kolesterol di usus halus, dan serat pada sayur dan buah tersebut juga membersihkan cairan,” ujarnya.

 

Penyakit lain yang bisa terjadi saat lebaran adalah penyakit menular. Hal ini mungkin disebabkan oleh kelelahan dan daya tahan tubuh yang kurang ketika harus beraktivitas, berkomunikasi, atau bersantai di masa libur Idul Fitri.

Penyakit menular yang paling banyak diderita adalah infeksi saluran pernapasan atas dan infeksi demam berdarah.

Berkurangnya resistensi juga dapat menyebabkan kecelakaan yang tidak diinginkan dalam perjalanan pulang.

Untuk mencegah menurunnya daya tahan tubuh, Ark mengingatkan Anda untuk tetap melakukan aktivitas fisik seperti olahraga dan rutin mengonsumsi air putih untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

“Idul Fitri harusnya lebih bebas untuk olah raga, karena tidak ada puasa. “Jadi kalau kamu banyak berkeringat, kamu bisa minum air putih.” Kalau lebaran biasanya libur tapi tetap olah raga,” kenang Ari.

Jika setelah satu atau dua minggu Anda merasa tidak bisa mengontrol pola makan, Ari menyarankan untuk memeriksakan kesehatan atau pemeriksaan kesehatan.

Tujuan tetap sehat setelah lebaran adalah menjaga kadar kolesterol, asam urat, dan gula darah pada kisaran yang tepat.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D