0 0
Read Time:2 Minute, 59 Second

dianrakyat.co.id – Sampoerna School berupaya membuka pintu masa depan dan sangat kompetitif melalui sekolah yang konstruktif dan positif.

STEAM memberikan inspirasi dan positif, salah satunya adalah STEAM EXPO 2024 yang diadakan serentak di seluruh sekolah Sampoerna Academy di Jakarta, Sentul, BSD, Surabaya dan Medan.

Acara ini merupakan wadah untuk memamerkan karya mahasiswa dan mendorong generasi muda untuk menciptakan inovasi yang menjawab kebutuhan lingkungan, seperti pembangunan berkelanjutan, isu budaya dan arsitektur.

Pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts and Mathematics) dalam pengajaran adalah cara mendorong dan membantu siswa untuk menghubungkan dan menggunakan pengetahuan dalam sains untuk membantu mereka berpikir secara holistik dan holistik serta menerapkannya dalam kehidupan nyata. berdasarkan pertanyaan. 

Penerapan metode STEAM di Sampoerna Academy bertujuan untuk memperkuat lima bidang utama siswa yang disebut 5C (berpikir kritis, kreatif, komunikasi, kerjasama dan karakter), yang dapat membantu siswa menjadi inovatif dan memberikan solusi di masa depan. 

Direktur Sampoerna Medan Sitra, Mary Jane Luyon-Fajardo menjelaskan, acara yang diadakan setiap tahun ini merupakan wadah untuk menunjukkan kemajuan pembelajaran siswa. 

Mary mengatakan program ini sejalan dengan visi Sampoerna Academy untuk mempercepat pengembangan pemimpin masa depan yang pembelajar sepanjang hayat, pemikir kreatif, pemikir kritis, dan pemecah masalah. 

Dikatakannya, “Acara ini dijadikan sebagai kesempatan bagi siswa untuk berinovasi menggunakan ilmu yang dimilikinya selama masih bersekolah. Tahun ini mahasiswa menciptakan karya seni berbasis STEAM yang berkaitan dengan kebutuhan dan konteks di sekitarnya, seperti keberlanjutan, seni dan budaya, terkait arsitektur,” kata Mary Jane dalam postingannya pada Selasa, 5 Maret 2024.

Acara ini merupakan bagian dari upaya Sampoerna Academy untuk menginspirasi generasi muda untuk berinovasi melalui pengalaman menyenangkan baik di dunia pendidikan maupun di luar sekolah.

Mary Jane mengatakan, “Kami berharap dengan diselenggarakannya STEAM Expo 2024 dapat menginspirasi lebih banyak anak untuk menjadi inovator lingkungan dan menjadi generasi penerus yang memimpin masa depan yang lebih baik.”

STEAM Expo 2024 diselenggarakan dengan tema “Build, Create and Innovate” serentak di seluruh sekolah Sampoerna Academy di Jakarta, Sentul, BSD, Surabaya dan Medan pada tanggal 1 – 2 Maret 2024 dengan jumlah peserta 700 orang dan peserta 2000 orang. 

Terdapat 201 entri di Sampoerna Academy Medan Citra, yang mencakup banyak proyek penting antara lain: Generator Van de Graaff, Mesin Pendarat Otomatis, Vortex Cannon, Optical Illusion Mirror dan Mini Power Generator.

Direktur Pendidikan Sampoerna Academy Alia Mohamed Samaha menjelaskan kepada para peserta proses konsultasi dengan guru dalam pembuatan proyek STEAM. Guru memberikan bantuan penuh kepada siswa dalam proses mengerjakan proyek. Untuk memutuskan topik proyek, 

Lanjutnya, “Kami mendorong mahasiswa untuk bersikap kritis, kritis dan kreatif, melihat permasalahan dari berbagai sudut pandang berdasarkan situasi saat ini. Siswa kemudian akan menganalisis dan mengamati sehingga dapat berinovasi untuk memecahkan masalah. Kedepannya kami akan meninjau proyek-proyek tersebut secara berkala untuk memastikan bahwa proyek-proyek mahasiswa tersebut terkenal,” jelas Samaha.

Acara ini juga didukung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Indonesia, sejalan dengan misinya untuk mendukung pengembangan inovator muda.

“Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mempunyai program Badan Prestasi Nasional serta berbagai Olimpiade untuk mencari talenta-talenta muda di Indonesia. Syahdian selaku Ketua Tim Aksi Regional Pelatihan dan Transformasi BPMP Sumut menyampaikan, “Kami berharap melalui pendidikan STEAM dan acara STEAM Expo 2024 yang diselenggarakan oleh Sampoerna Academy, Sumut dapat berkreasi di hadapan generasi-generasi baru yang mampu menjadi pemimpin. di masa depan.” . , UPT Kemendikbudristek R.I.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, Sampoerna Academy juga menghadirkan Interschool STEAM Competition 2024 yang memberikan kesempatan kepada siswa dari sekolah lain untuk berpartisipasi dan berkompetisi menggunakan metode STEAM.  Peran pembinaan berbakat dan SIMT dalam memfasilitasi pembelajaran siswa. Pengembangan SIMT memungkinkan kita menciptakan ekosistem bakat bagi siswa dengan berbagai tingkat pendidikan. Hal ini penting untuk membantu siswa mencapai potensi maksimalnya. dianrakyat.co.id.co.id 30 Juni 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D