0 0
Read Time:3 Minute, 30 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta – Banyak pasangan yang mengeluhkan biaya pernikahan yang membebani kantong mereka. Sebenarnya pernikahan memang bisa disesuaikan dengan budget yang tersedia. Pernikahan pasangan ini viral di media sosial karena merinci pernikahan mereka versi low budget yang menelan biaya tak lebih dari Rp 3 juta.

Unggahan tersebut dibagikan oleh akun Instagram @mood.jakarta yang berawal dari akun TikTok @sherlyanggun41. Shirley, sang pemilik akun, mengunggah konten momen pernikahannya kepada suaminya.

Dalam unggahan tersebut, ia juga merinci biaya acara pernikahannya, mulai dari riasan hingga biaya jasa fotografer. Dengan konsep yang sederhana dan intim, Shirley dan suaminya mengaku merasakan suka dan duka.

Sedangkan untuk riasan, keduanya merias wajah sendiri sehingga tidak mengeluarkan uang. Setelah itu biaya sewa baju Rp 250 ribu dan sewa kamera Rp 55 ribu. Seorang fotografer pernikahan yang menjadi teman, berbayar atau gratis, menggunakan kamera tersebut.

Lalu, biaya jajan Rp 300 ribu yang disajikan kepada anggota keluarga dan kerabat pada acara Kantor Urusan Agama (KUA) yang bisa digunakan secara gratis. Sedangkan pernikahan di KUA tidak dipungut biaya.

Biaya yang paling besar adalah sepasang cincin yang disiapkan oleh mempelai pria seharga Rp 2.220.000, sehingga totalnya Rp 2.870.000 atau tidak lebih dari Rp 3 juta. Unggahan tersebut mendapat komentar beragam dari netizen. Hingga tulisan ini dibuat, postingan tentang pernikahan yang menelan biaya kurang dari tiga juta telah dilihat lebih dari 3,2 juta kali dan disukai lebih dari 109.000 kali.

 

“Aku suka banget sama orang yang menikah secara sederhana dan tidak mengeluarkan uang, jadi selebihnya untuk rumah tangga dan keperluan,” ujar salah satu warganet.

“Yang terpenting ucapkan SAH sederhana terima kasih kepada keluarga terdekat sesuai syarat dan budget Samawa ya Kak,” sahut netizen lainnya.

“Dulu aku seperti ini, padahal aku ingin tinggal bersama ibu mertuaku, tapi aku tidak melakukannya. Lebih baik membangun rumah. Aku tidak membayar sewa, tapi aku mendapatkannya di akhir Nikah di KUA kaya abang ini,” sahut netizen lainnya.

“Saya nikah 70 juta lebih, dan sekarang sudah sah, saya berpikir untuk mencobanya, tidak ada resepsi, uangnya bisa dijadikan modal usaha, tabungan anak saya, pernikahannya langgeng banget seumur hidup,” dikatakan . Netizen lain.

Setiap orang mempunyai preferensi masing-masing dalam mengadakan resepsi pernikahan. Apapun pilihannya, jangan terlalu memberatkan kedua belah pihak. Pernikahan sederhana yang viral di TikTok ini mungkin bisa menjadi salah satu inspirasinya. Siti Masnida Abdul Malek, pengantin asal Malaysia, memilih bumbu dapur sebagai kado pernikahan. 

Berbicara kepada mStar, Selasa, 16 Januari 2024, Nida disebut mengaku menghabiskan uang sebesar 50 ringgit (sekitar 166 ribu rupiah) untuk mengisi tujuh nampan pengantaran. Pengantin pria mengembalikan hadiah tersebut berupa lima nampan bumbu dapur senilai 85 ringgit (sekitar Rp 283.000).

“Keputusan untuk menyumbangkan bumbu dapur merupakan kesepakatan bersama dengan suami saya,” kata pria berusia 34 tahun itu.

“Sebagai tipe orang yang suka memasak, kami memilih menggunakan bumbu kering saja karena mudah dan tidak boros. Kami tidak ingin mengikuti kebiasaan memiliki barang-barang individual yang lebih mahal. Kami sudah punya. Semuanya,” dia lanjutan.

Menurut Nida, upacara pernikahan bersama suaminya Yusri (35) juga berlangsung sederhana dan hanya terjadi satu kali di kediamannya di Manchis, Bentong, Pahang. Diunggah di TikTok, Nida memperlihatkan nampan hantaran yang berisi bawang bombay, kentang, bunga kandan, jahe, kunyit, lengkuas, dan jeruk nipis.

Lalu, ada nampan kado pernikahan dengan sederet sup, kerupuk, dan bubuk kari. Ada pula nampan berisi ikan sarden, asam jawa, teh hijau, santan, aneka bumbu, minyak, dan tepung.

Ada pula nampan berisi ikan sarden, asam jawa, teh hijau, santan, aneka bumbu, minyak, dan tepung. Dengan bujet terbatas, Nida tidak menyewa penata rias profesional (MUA) atau fotografer untuk hari besarnya pada 31 Desember 2023.

Ia menceritakan, “Kami hanya mengadakan satu upacara pernikahan, namun suami saya menghabiskan lebih banyak uang untuk bahan baku pesta kami, termasuk hadiah yang kami beli dan bagikan satu kali.”

“Ada banyak manfaat melakukan hal seperti ini dalam hal penghematan biaya,” katanya. “Makanan dan mejanya buatan sendiri. Beda menu makanannya kalau dibuat oleh warga dan anggota keluarga. Penata rias dan fotografernya berteman.”

Total biaya yang dikeluarkan untuk acara tersebut adalah lima ribu ringgit (sekitar Rp 16,7 juta), kenangnya.

Wanita yang menjalankan bisnis kerupuk Lekor bersama suaminya ini mengatakan, gaun pengantin dan braket gaun putih yang dikenakannya di hari pernikahan mereka dibeli dari toko setempat dengan harga kurang dari 600 ringgit (sekitar Rp 2 juta).

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D