0 0
Read Time:1 Minute, 52 Second

Mekkah, 5 Juni 2024 – Haramain High Speed ​​Rail atau Haramain High Speed ​​Rail merupakan proyek kereta api berkecepatan tinggi yang menghubungkan dua kota suci umat Islam, Mekkah. dan Madinah, di Arab Saudi.

Kereta api ini merupakan simbol modernisasi dan kemajuan teknologi tanah air serta memberikan kemudahan akses bagi mereka yang ingin menunaikan umroh maupun mengunjungi Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Pembangunan kereta peluru Haramain dimulai pada tahun 2009 dan selesai pada tahun 2015. Proyek tersebut merupakan hasil kolaborasi antara pemerintah Arab Saudi dan perusahaan konstruksi Spanyol Renfe. Biaya konstruksinya sekitar $25 miliar.

Kereta cepat Haramain memiliki panjang lintasan sekitar 450 kilometer dan terdiri dari dua jalur ganda. Jalur ini dilengkapi dengan lima stasiun utama yaitu Stasiun Makkah, Stasiun King Abdullah Financial District, Stasiun Jeddah, Stasiun Medina dan Stasiun Bandara Internasional King Abdul Aziz.

Sumber energi kereta api berbentuk paruh bebek ini adalah arus listrik sebesar 25 kilovolt yang menyuplai listrik ke motor listrik dengan keluaran 8.000 kilowatt atau setara 11.000 tenaga kuda.

dianrakyat.co.id Tekno mengutip Arabian Business mengatakan, kereta ini mampu mencapai kecepatan hingga 350 kilometer per jam sehingga perjalanan Mekah dan Madinah bisa ditempuh hanya dalam waktu 2 jam 45 menit.

Beberapa teknologi yang disertakan antara lain dua blower khusus untuk menghilangkan pasir gurun dari setiap gerbong, lapisan khusus pada cat dan kaca jendela untuk melindungi dari korosi, filter udara kabin, dan sistem insulasi yang mampu menahan suhu 50 derajat Celcius yang masuk ke dalam kabin.

Kereta Haramain Ekspres tidak hanya populer di kalangan jemaah umrah, tapi juga di kalangan agen perjalanan. Salah satunya adalah Ashofa Tour and Travel Ano yang menawarkan dua paket awal musim selama sembilan hari.

Pertama penggunaan reguler seharga Rp 29,6 juta dengan pilihan akomodasi di Makkah Badr Al Massa Hotel, Madinah Mirage As Salam Hotel dan keberangkatan 27 Agustus 2024 hingga 24 September 2024.

Selanjutnya adalah paket eksklusif senilai Rp 41,5 juta, dimana peserta akan menikmati perjalanan kereta cepat menuju Makkah serta akomodasi di Makkah Swiss Al Maqam / Rayhaan By Rotana Hotel dan Madinah MadenHotel / Al Haram Madinah Hotel.

Meta memperkenalkan Chameleon, yang akan bersaing dengan ChatGPT Meta telah meluncurkan Chameleon, rangkaian model AI baru yang diharapkan dapat bersaing dengan alat komersial canggih seperti Gemini Pro dan GPT-4V. dianrakyat.co.id.co.id pada 26 Juni 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D