0 0
Read Time:1 Minute, 42 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta – Sebagian besar wilayah Indonesia diperkirakan akan hujan hari ini, Minggu, 4 Februari 2024.

Badan Meteorologi dan Geologi (BMKG) dalam keterangan resminya memperkirakan hujan ringan akan terjadi di wilayah seperti Jambi, Pangkal Pinang, Bandar Lampung, Serang, Yogyakarta, Palangka Raya, Mataram, Kendari, Ambon, dan Manokwari.

Sementara wilayah Semarang, Surabaya, dan Makassar diprakirakan mengalami curah hujan sedang dengan suhu antara 24 hingga 34 derajat Celcius.

Sementara itu, hujan dan badai petir diperkirakan terjadi di Bandung, Banjarmasin, Kupang, dan Samarinda. BMKG mengimbau warga Samarinda khususnya untuk berhati-hati karena diperkirakan terjadi badai petir sepanjang hari.

Wilayah seperti Padang, Tanjung Pinang, Pontianak, Denpasar, Mamuju, dan Ternate diprakirakan berawan, begitu pula DKI Jakarta berawan tebal.

Sementara cuaca cerah berawan diprakirakan terjadi di Bandacheh, Medan, Pekanbaru, Bengkulu, Palembang, Gorontalo, Manado, dan Jayapura. Himbauan Ketua BMKG

Presiden BMKG Dwikorita Karnawati mengimbau masyarakat waspada dan bersiap menghadapi cuaca ekstrem dan bencana meteorologi yang terus mengancam sebagian besar wilayah Indonesia hingga Februari 2024.

Cuaca ekstrem dapat terjadi pada puncak musim hujan pada bulan Januari dan Februari. Hujan deras atau lebat, angin kencang, dan gelombang tinggi masih mungkin terjadi di sebagian besar wilayah Indonesia, ujarnya. Menurut Antara.

Sementara di wilayah dataran tinggi atau rawan longsor dan banjir, ia mengimbau masyarakat lebih waspada terhadap dampak cuaca buruk seperti banjir, tanah longsor, jalan licin, pohon tumbang, dan berkurangnya jarak pandang.

BMKG memperkirakan hujan sedang terjadi di wilayah Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur pada siang hari, sedangkan hujan lebat diperkirakan terjadi di Jakarta Pusat, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu.

Pada malam hari, seluruh wilayah Jakarta kecuali Jakarta Selatan akan cerah berawan, sedangkan Jakarta Selatan berawan.

Sementara wilayah Jakarta Barat dan Seribu berawan pada Senin pagi. Sementara cuaca cerah berawan di Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dan Jakarta Utara.

Suhu rata-rata di Jakarta pada hari Minggu berkisar antara 24 hingga 30 derajat Celcius. Jakarta Barat 24-30 derajat Celcius, Jakarta Pusat 24-29 derajat Celcius, Jakarta Selatan 24-30 derajat Celcius, Jakarta Timur 24-30 derajat Celcius, Jakarta Utara 24-29 derajat Celcius, dan Kepulauan Seribu 25-27 derajat Celcius.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D