0 0
Read Time:2 Minute, 16 Second

dianrakyat.co.id Lifestyle – Penyakit yang muncul di wajah memang menyebalkan dan terkadang menjadi sumber rasa tidak percaya diri. Padahal jerawat muncul di tempat yang sulit ditutupi riasan, seperti alis. Apa sebenarnya penyebab timbulnya jerawat di area tersebut?

Tampaknya ada banyak penyebab munculnya jerawat di alis. Munculnya jerawat memang bisa mengganggu, apalagi jika Anda rutin menggunakan alis untuk memperbaiki penampilan. Mari kita gulir untuk melihat tampilan selengkapnya!

Menurut Byrdie, jerawat di alis bisa disebabkan oleh beberapa hal. Seperti jenis jerawat lainnya, jerawat alis terjadi ketika pori-pori atau folikel rambut tersumbat oleh kotoran seperti sebum atau minyak berlebih, kotoran, riasan, dan bakteri. Penyebab munculnya kerutan pada alis 

Inilah penyebab timbulnya jerawat di alis dan penjelasan lengkapnya.

1. Kulit berminyak

Seperti disebutkan sebelumnya, kulit memiliki lebih banyak sebum. Minyak yang bercampur dengan sel kulit mati, kotoran dan kotoran dapat menyumbat pori-pori kulit. Leher yang sesak inilah yang kemudian menjadi tempat berkembang biaknya bakteri sehingga menyebabkan peradangan dan pecah-pecah.

2. Penumpukan sel kulit mati

Sel kulit mati benar-benar merusak kulit setiap hari. Namun jika penumpukannya banyak, terutama di area tumbuhnya rambut seperti alis, sel kulit mati tersebut bisa menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat.

3. Gangguan

Menggunakan riasan di sekitar alis, seperti eye shadow atau eyeliner, bisa menyebabkan iritasi jika produknya tidak sesuai dengan jenis kulit Anda. Pewarna, pewangi, atau bahan kimia tertentu dalam produk dapat menyebabkan infeksi atau peradangan di sekitar alis, yang dapat menyebabkan kerusakan.

4. Produk perawatan kulit yang tidak sesuai

Produk perawatan kulit yang mengandung bahan keras atau mungkin tidak sesuai dengan jenis kulit juga bisa menyebabkan jerawat di sekitar alis. Misalnya saja menggunakan pelembap kental atau produk pembersih yang mengandung bahan iritan.

5. Gatal pada kelopak mata

Menggosok alis dengan keras atau terlalu sering dapat menyebabkan iritasi pada kulit di sekitar alis. Hal ini dapat merusak folikel rambut dan menyebabkan peradangan, yang dapat menyebabkan kerusakan.

6. Ketidakseimbangan hormonal

Perubahan hormonal, seperti saat menstruasi, hamil atau pubertas, dapat meningkatkan produksi minyak oleh kelenjar sebaceous di kulit. Hal ini dapat menyebabkan pori-pori dan jerawat di sekitar alis menjadi terlihat.

7. Depresi

Penyebab jerawat lainnya yang kurang terdiagnosis adalah stres. Stres yang ekstrim ini dapat mempengaruhi keseimbangan hormonal dalam tubuh. Hal ini dapat meningkatkan produksi minyak di kulit dan menimbulkan jerawat, termasuk di sekitar alis.

Mengobati jerawat di sekitar alis memerlukan perawatan kulit yang menyeluruh, termasuk memilih produk yang tepat, membersihkan wajah secara rutin, dan menghindari kebiasaan yang dapat menyebabkan iritasi atau peradangan pada area tersebut. Jika jerawat berlanjut atau parah, konsultasikan dengan dokter kulit untuk diagnosis dan pengobatan yang tepat. Benarkah tabir surya menyebabkan jerawat di wajah? Berbicara tentang jerawat, tidak dapat disangkal bahwa itu adalah sesuatu yang kita khawatirkan. Bukan tanpa alasan rasa percaya diri masyarakat menurun, terutama pada pandangan mata.  dianrakyat.co.id.co.id 2 Juni 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D