0 0
Read Time:1 Minute, 48 Second

dianrakyat.co.id Lifestyle – Zakat Firah merupakan kewajiban wajib umat Islam setiap bulan Ramadhan. Salah satu syaratnya adalah mencukupi kebutuhan pangan atau kebutuhan pokok pada malam hari dan Idul Fitri.

Jelang hari ketujuh Idul Fitri, Panitia Zakat Fitri di berbagai daerah sedang mendistribusikan kwitansi Zakat Fitri. Selanjutnya Badan Amil Zakat Fitah menerima Zakat Fitah dan menyalurkannya kepada fakir miskin dan yang berhak.

Namun bisakah Zakat Fitrah kita langsung disalurkan kepada pihak yang membutuhkan tanpa melalui lembaga Amil Zakat? Ustaz Syafiq Riza Baslamah angkat bicara mengenai hal tersebut.

Dijelaskannya, umat Islam bisa memberikan Zakat Fatah secara langsung tanpa melalui lembaga Amil Zakat Fatah. Yuk scroll terus artikel lengkapnya di bawah ini.

“Bolehkah kita menyampaikannya secara langsung? Baguslah,” kata Ustadz Sifiq Riza Baslamah seperti dikutip dari Tayangan Tanya Ustadz di YouTube.

Namun menurutnya akan lebih baik jika Zakat Firah dibagi di antara badan-badan Amil Zakat yang ada. Hal ini bertujuan agar pendistribusian zakat lebih adil. 

“Kalau ada yang memungut, misalnya di desa kami, kami tahu orang itu bisa dipercaya, jadi kalau kami berikan, lebih baik tidak ada dobelnya,” ujarnya.

Amil mencontohkan, jika kita memilih menyalurkan zakat tanpa melalui lembaga zakat, maka kita akan menyalurkannya kepada tetangga yang kita tahu sangat membutuhkan.

Diketahui, tetangga Anda dan orang lain juga menyasar orang yang sama untuk memberikan Zakat Fitrah.

Akhirnya penerima zakat akan merasa lega, mungkin ada orang lain yang membutuhkan namun tidak dapat menjangkaunya.

“Kadang-kadang ada orang miskin di desa, kalau kita kasih langsung ke orang, orang miskin itu taruh di situ, tetangganya yang habiskan, tetangga yang lain kasih ke sana. Akhirnya tetangga miskin itu bisa. Saya tidak mengerti,” dia berkata.

Oleh karena itu, dianjurkan untuk menyalurkan Zakat Fitrah melalui badan amil. Zakat-e-Firah dimaksudkan agar dapat didengar oleh semua pihak yang benar-benar membutuhkan dan tidak saling tumpang tindih.

Namun menurut saya lebih baik memberikannya kepada produsen jika diambil dari produsen terpercaya dan diberikan kepada masyarakat yang sama-sama berhak. “Tapi kalau tidak diserahkan ya tidak apa-apa. Berikan kepada orang-orang yang benar-benar layak mendapatkannya,” ucapnya. Ashanti: Tidak ada niat untuk mencoreng malam kemenangan. Ashanti langsung meminta panitia mematikan musik dan mengakhiri pertunjukan usai lagu Kebyar Kebyar. dianrakyat.co.id.co.id 13 Juni 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D