0 0
Read Time:3 Minute, 33 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta – Berlokasi di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut), Pabrik Minyak Goreng Lal Pagar Merbau yang dioperasikan Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM) melalui kemitraan koperasi dibuka oleh Presiden Joko Widodo. Jokowi) Koperasi Pujakesuma dan PT PTPN II pada Kamis (14/03/2024).

Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki mengatakan, Pabrik Minyak Goreng Merah Pagar Merbau merupakan pabrik pertama di Indonesia yang memproduksi produk minyak nabati merah baru dan merupakan salah satu dari tiga proyek percontohan minyak nabati merah yang bekerja sama dengan PTPN.

“Selain ketiga pilot project tersebut, saat ini kami juga sedang menyusun rencana mandiri koperasi produsen kelapa sawit di beberapa lokasi, seperti Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan; Kabupaten Pelalawan, Riau; Kabupaten Sekdau, Kalimantan Barat serta.’ Pabrik Minyak Goreng Merah Merbau Tral di negara bagian lain,” kata Menteri Teton.

Menteri Teton berharap ke depan, setiap 1.000 hektare kebun sawit yang dikelola koperasi dilengkapi dengan pabrik minyak nabati merah sebagai tambahan infrastruktur.

“Sesuai arahan Presiden, pengalihan minyak sawit ke minyak nabati merah yang dilakukan koperasi bertujuan agar masyarakat petani semakin sejahtera dengan menjamin kesinambungan pasokan minyak nabati sehat dengan harga terjangkau,” ujarnya

Saat ini, lebih dari 40 persen perkebunan kelapa sawit di Indonesia dimiliki dan dikelola oleh petani kecil mandiri. Namun, ia menyesalkan bahwa petani kelapa sawit telah menghadapi masalah fluktuasi dan ketidakpastian harga tandan buah segar (TBS) selama beberapa dekade.

“Di sisi lain, kita juga dihadapkan pada pasokan dan harga minyak nabati di pasar yang juga sangat dinamis. Padahal, suatu saat di pasar sangat sedikit dan harganya naik,” Kata Menteri Teten. .

Minyak goreng merah dianggap sebagai alternatif minyak goreng yang sehat karena mengandung senyawa alami minyak sawit dengan harga yang terjangkau bagi masyarakat Indonesia, dan minyak goreng merah juga dapat menghilangkan stunting.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo alias Jokowi meresmikan Pabrik Percontohan Minyak Merah Pagar Merbau Eat di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara pada Kamis (14/3/2024). Menurut Jokowi, harga minyak goreng merah lebih murah dibandingkan minyak goreng yang ada di pasaran.

Saat dilantik Jokowi mengatakan, “Yang pertama saya senang adalah harga minyak goreng merah lebih murah dibandingkan minyak goreng yang ada di pasaran. Artinya, produk ini bisa bersaing di pasaran. Bisa bersaing. Bisa karena harganya kompetitif. ,” kata pembukaan Jokowi.

Ia mengatakan Indonesia memiliki 15,3 juta hektar perkebunan kelapa sawit, dimana 40,5 persen atau 6,2 juta dimiliki oleh petani. Untuk itu, Jokowi membangun pabrik minyak nabati merah untuk memberikan nilai tambah bagi petani dalam negeri.

“Pabrik minyak nabati merah ini baru pertama kali kami bangun dan kami berharap dapat memberikan nilai tambah yang baik bagi para produsen kelapa sawit, khususnya yang sudah berbentuk koperasi,” jelasnya.

 

 

Menurut dia, harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit tidak akan mengalami kenaikan maupun penurunan. Karena langsung diolah menjadi minyak goreng merah di dalam negeri.

Jokowi mengatakan minyak goreng merah mengandung vitamin A, vitamin E, dan nutrisi lainnya. Bahkan, katanya, menggoreng dengan minyak goreng merah menghasilkan cita rasa yang lebih enak. “Banyak chef yang mencobanya dan berkata, ‘Pak, minyak goreng merah ini beda, beraroma, dan bergizi.’

Pabrik minyak goreng merah ini sendiri berkapasitas 10 ton CPO per hari. Selain itu, tanaman ini juga bisa menghasilkan minyak goreng merah sebanyak 7 ton.

Artinya, jumlahnya tidak sedikit, besar. Artinya harus dibeli banyak orang, jadi kita harapkan bisa menaikkan harga lagi dengan baik, ujarnya.

Kata Jokowi, keberadaan pabrik ini semacam hilirisasi. Hal ini akan menambah nilai dan manfaat bagi Indonesia.

“Namanya hilirisasi. Jangan jual TBS, jangan jual CPO, kalau bisa diubah menjadi produk jadi seperti itu, bagus sekali,” kata Jokowi.

Sebelumnya, Presiden Jokowi tiba di Bandara Kuala Namu Deli Serdang, Sumatera Utara pada Kamis (14/3/2024) dalam rangka kunjungan kerja bersama Ibu Negara Iriana.

Pj Gubernur Sumut Hasanuddin, Pangdam I/Bukit Barisan, Mayjen TNI Mohd Hasan Hasibuan, Kapolda Sumut, Irjen Pol Agung Setia Imam Effendi, Danlantamal I Brigjen TNI (TNI) menyambut kedatangan Presiden dan Ibu Negara. Maret) Jessiman Purba dan Danlanud Soivondo, Kolonel PNB. Yucok Enrico Hutadjulu.

Dari bandara, Jokowi dan rombongan melanjutkan perjalanan menuju Pabrik Kelapa Sawit Pagar Merbau di Kabupaten Daly Serdang. Jokowi berencana meninjau dan membuka Pilot Plant Minyak Goreng Pagar Merbau Lal.

Selanjutnya, Jokowi dan rombongan akan melanjutkan perjalanan menuju Kota Tanjung Balai dengan menggunakan helikopter Super Puma TNI AU. Di Tanjung Balai, Jokowi mengunjungi pasar kawat dan membuka beberapa jalan daerah di Provinsi Sumatera Utara.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D