0 0
Read Time:3 Minute, 42 Second

JAKARTA – Laut menyimpan banyak keindahan dan misteri yang belum terkuak oleh manusia. Salah satunya adalah 10 spesies ikan paling terancam punah di dunia.

Ikan bisa menjadi hewan peliharaan dan makanan manusia. Namun, ada banyak jenis ikan yang patut Anda waspadai.

Berikut 10 ikan paling berbahaya di dunia, seperti dilansir Britannica, Selasa (9/4/2024): 1. Ikan buntal merupakan jenis ikan yang populer karena bentuk tubuhnya yang memanjang seperti bola saat diindera. ancaman. Ikan buntal hidup di perairan hangat dan beriklim sedang di seluruh dunia. Dalam beberapa kasus, ikan ini bisa hidup di air asin atau air tawar. Mereka memiliki kulit yang keras, biasanya berduri, dan gigi menyatu yang membentuk struktur seperti paruh di tengah setiap rahang.

Hati-hati jika ingin mengkonsumsinya, karena bagian tubuh mengandung racun, apalagi jika terkonsentrasi di organ dalam. Meski zat ini bisa menyebabkan kematian, ikan kembung terkadang dijadikan makanan.

Di Jepang, ikan yang dikenal dengan nama fuku ini bisa diolah menjadi sashimi dengan sangat terampil. Ikan harus dibersihkan secara menyeluruh dan disiapkan oleh koki yang terlatih khusus. Di Indonesia sendiri sudah banyak terjadi kematian akibat keracunan ikan buntal.

2. Ikan Singa Merah

Lionfish (Pterois) adalah salah satu dari beberapa spesies ikan Indo-Pasifik penting dalam keluarga Scorpionfish. Ikan ini terkenal dengan duri siripnya yang beracun.

Ketajaman tulang belakang dapat menyebabkan luka tusuk yang menyakitkan, namun jarang berakibat fatal. Ikan ini memiliki sirip dada dan duri sirip punggung yang panjang, dan setiap spesies memiliki garis-garis tebal mirip zebra. Jika diganggu, ikan akan melebar dan memperlihatkan siripnya, dan bila ditekan akan muncul dan menyerang dengan durinya.

Salah satu spesies yang paling populer adalah ikan singa merah. Ikan jenis ini terkadang dipelihara oleh para kolektor karena strukturnya yang unik. Bergaris-garis merah, coklat dan putih dan panjangnya sekitar 30 sentimeter. Ia bersifat invasif dan merusak ekosistem karena dapat berkembang biak dengan cepat dan memusnahkan spesies ikan lain di ekosistem.

3. Cantero

Jenis ikan lele parasit tak bersisik yang ditemukan di kawasan Sungai Amazon. Tubuhnya transparan mirip belut, panjangnya sekitar 2,5 sentimeter. Candirou memakan darah dan umumnya ditemukan di rongga insang ikan lain. Kadang-kadang menginfeksi manusia dan memasuki uretra hewan yang mandi dan berenang. Begitu masuk, ia menggunakan paku pendek pada penutup insangnya. Akibat yang ditimbulkan dapat berupa pembengkakan, pendarahan bahkan kematian pada korbannya.

4. Hiu putih besar

Hiu putih besar, juga dikenal sebagai hiu putih besar, dikenal sebagai salah satu hiu predator paling kuat dan berbahaya di dunia.

Hiu putih besar melakukan banyak serangan tanpa alasan dan terkadang berakibat fatal terhadap perenang, penyelam, peselancar, pembuat kayak, dan perahu kecil. Hiu putih besar cenderung menggigit korbannya lalu mundur. Namun dalam banyak kasus, hiu jarang kembali untuk gigitan kedua.

Jika korban mengalami gigitan sedang, ia mungkin punya waktu untuk tenang. Namun, dalam situasi di mana terjadi gigitan besar, kerusakan jaringan dan organ yang parah dapat menyebabkan kematian korbannya.

Tinjauan terhadap serangan hiu putih besar di Amerika Serikat bagian barat menunjukkan bahwa sekitar 7 persen serangan berakibat fatal, namun data dari wilayah lain seperti Afrika Selatan menunjukkan tingkat kematian lebih dari 20 persen. Tingkat kematian hingga 60 persen tercatat akibat serangan di pantai Australia.

5. Belut moray

Ada lebih dari 80 spesies belut, dan mereka hidup di laut tropis dan subtropis, bersembunyi di perairan dangkal dan celah antara terumbu dan bebatuan. Belut moray berbeda dengan belut lainnya karena memiliki bukaan insang kecil yang membulat dan biasanya tidak memiliki sirip dada.

Kulitnya tebal, halus dan tidak bersisik. Sedangkan mulutnya yang lebar dan rahangnya dilengkapi dengan gigi yang kuat dan tajam sehingga mampu menangkap dan menahan mangsanya hingga menimbulkan luka parah. Kabar baiknya, belut moray hanya menyerang manusia jika diganggu.

Panjang belut moray berkisar antara 1,5 meter hingga 3,5 meter. Moray dimakan di beberapa belahan dunia, dan dagingnya terkadang beracun dan dapat menyebabkan penyakit atau kematian. Namun spesies moray yang ditemukan di Mediterania, Murena helena, merupakan makanan lezat masyarakat Romawi kuno dan dibudidayakan di laguna pesisir.

6. Ikan macan

Ikan ini diberi nama berdasarkan keganasannya saat ditangkap. Kebiasaan penjarahannya sangat serius. Di perairan tawar Afrika, ikan harimau dari genus Hydrocinus (terkadang Hydrocyon) adalah ikan buruan dari Saracin, Characidae (ordo Cypriniformes).

Penampilan tergantung pada ras. Biasanya ditandai dengan satu atau lebih garis-garis gelap memanjang dan merupakan karnivora yang cepat dan lincah dengan gigi seperti taring yang menonjol ketika mulutnya tertutup. Ada sekitar lima spesies, yang terbesar adalah H. goliath, panjangnya lebih dari 1,8 meter dan beratnya lebih dari 57 kilogram. H. Vitatus kecil dianggap sebagai salah satu ikan buruan terbaik di dunia.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D