0 0
Read Time:1 Minute, 54 Second

dianrakyat.co.id, JAKARTA – Peristiwa astronomi kerap kali melibatkan gerhana matahari. Gerhana diperkirakan terjadi selama dua hari selama bulan Ramadhan, yang berlangsung dari 11 Maret hingga 10 April 2024. Apakah keluar wilayah Indonesia?

Lembaga Penelitian dan Inovasi Nasional (BRIN) mengutip laporan Fenomena Astronomi 2024 yang menyatakan akan terjadi gerhana. Farahati Mumtangana, peneliti Pusat Penelitian Luar Angkasa, mengatakan gerhana akan terjadi pada tahun 2024, namun sayangnya tidak akan melewati Indonesia. 

1824 BRIN.go.id “Namun hal ini perlu diperhatikan jika berencana melakukan perjalanan atau ekspedisi mengejar gerhana,” kata Farah.

Gerhana setengah bulan akan terjadi pada tanggal 24 hingga 25 Maret 2024, berdasarkan tabel yang diposting BRIN. Lalu akan terjadi gerhana matahari total pada 8 April 2024.

Wilayah yang terkena dampak gerhana antara lain Eropa, Asia Utara/Timur, Australasia, Afrika, Amerika Utara, Amerika Selatan, Pasifik, Atlantik, dan Antartika. Sedangkan gerhana matahari total akan meliputi Eropa bagian barat, Amerika Utara, Amerika Selatan, Samudera Pasifik, dan Arktik.

Gerhana bulan terjadi ketika Bumi menghalangi sebagian cahaya Matahari, yang berarti Bulan jatuh ke dalam bayangan kedua sisi Bumi. Saat bulan memasuki pena, kecerahannya berkurang secara bertahap.

Gerhana bulan sebagian merupakan akibat dinamis dari pergerakan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan. Fenomena ini hanya terjadi pada fase bulan purnama dan dapat diprediksi. Sebab, posisi Bulan, Bumi, dan Matahari kurang lebih berada pada satu garis yang sama, namun tidak menyebabkan terjadinya gerhana bulan total.

Gerhana matahari total terjadi ketika bulan menghalangi sinar matahari dan bayangan bulan jatuh ke bumi. Di Bumi, gerhana matahari total akan terlihat pada bayangan inti bulan (diurnal).

Telah terjadi beberapa kali gerhana di Indonesia, termasuk gerhana matahari total tahun 1983. Kemudian akan terjadi gerhana bulan tahunan pada tahun 2019 dan gerhana matahari total pada tahun 2016. 

Kemudian terjadi gerhana bulan sebagian pada 17-18 September 2024, dan gerhana matahari total pada 2 Oktober 2024. Wilayah yang dilaluinya akan berbeda dengan dua gerhana Ramadhan 2024.

Pada tanggal 20 Maret, matahari akan bersinar tepat di garis khatulistiwa, dan panjang siang dan malam di seluruh dunia akan kurang lebih sama, jelasnya. Merkurius kemudian akan mencapai elongasi timur terbesarnya pada tanggal 24 Maret.

Akan ada tiga supernova pada 18 September, 15 November, dan 17 Oktober 2024. Akan ada juga event blue moon yaitu bulan purnama keempat. Umumnya bulan purnama hanya terjadi tiga kali dalam satu musim yang terjadi pada 19 Agustus.

 

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D