0 0
Read Time:2 Minute, 19 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta Umumnya rendang terbuat dari daging mamalia seperti sapi, kambing, atau domba. Namun bumbu rendang juga dikenal sangat nikmat jika diolah dengan ayam.

Sama seperti rendang daging, rendang ayam perlu dimasak lama hingga empuk dan beraroma. Namun daging ayam tidak sekeras daging sapi sehingga bisa rusak jika dimasak terlalu lama.

Namun, ada cara ampuh memasak suwiran ayam agar tidak hancur dan tidak enak bagi ikan. Cara tersebut dibagikan oleh pemilik channel YouTube/Santo Sabi yang akan dirangkum pada Jumat (06/07/2024).

Pertama kita siapkan ayam dan kentang, potong kecil-kecil. Ayam yang tidak dipotong kecil-kecil akan sulit menyerap minyaknya, terutama bagian dada.

Pertama, goreng kentang hingga matang dengan minyak yang banyak. Setelah itu lanjutkan menggoreng ayam hingga setengah matang.

Haluskan bumbu rendang menggunakan blender yang meliputi:

●     8 batang daun bawang.

●     1,5 potong jahe.

●     7 siung bawang putih.

●     Lengkuas 2 cm dicincang.

●     12 cabai merah.

●     Sebatang serai cincang.

Goreng bumbu rendang yang sudah dicampur dalam wajan dengan api sedang, tanpa menambahkan minyak. Sambil menggoreng dan mengaduk, tambahkan bahan-bahan berikut secara bertahap:

●     1 sendok teh bubuk kunyit.

●     1 lembar daun kunyit.

●     1 lembar daun jeruk.

●     2 sendok teh garam.

●     Gula benzoat sesuai keinginan.

●     1 sendok teh kaldu/penyedap rasa jamur.

●     60 ml saset santan.

●     Secangkir air.

●     Kelapa parut dan sangrai.

Di antara semua bahan tersebut, parutan kelapa paling berperan dalam menciptakan aroma khas dan mencegah bau amis. Kalau tidak punya kelapa parut bisa diganti dengan serunding.

Setelah memasukkan semua bahan di atas, kecilkan api dan masukkan semua potongan ayam setengah goreng. Aduk sebentar lalu tambahkan segelas air lalu aduk dan masak kembali hingga santan menyusut.

Jika santan sudah berkurang, masukkan kentang hingga masak. Pada tahap ini Anda juga bisa menambahkan lauk pauk lainnya seperti telur atau tahu. Jika dirasa sudah matang, matikan kompor dan ayam suwir siap dihidangkan.

Jika rasanya agak pahit, ini menandakan rendang Anda mungkin terlalu matang. Untuk menghindarinya, masak ayam suwir dengan api kecil dan pastikan untuk mengaduknya secara teratur selama proses memasak.

Adanya kandungan air yang melimpah pada adonan rendang dapat berperan penting dalam menentukan keawetan masakan. Hal ini karena kandungan air berlebih pada masakan dapat menciptakan kondisi yang menyebabkan pertumbuhan bakteri dan jamur lebih cepat. Hal inilah yang membuat jaring rentan cepat membusuk.

Jika disimpan di lemari es, rendang kering bisa bertahan hingga sebulan. Namun jika disimpan di lemari es bisa bertahan hingga enam bulan.

Biarkan rendang mencapai suhu ruangan atau dinginkan hingga mencair. Jika rendang disimpan di lemari es, segera panaskan kembali dan tambahkan sedikit air agar tidak kering saat dipanaskan kembali. Gunakan api kecil saat memanaskan agar rendang tidak mengering.

Untuk memasak rendang dengan baik, diperlukan kesabaran dan keterampilan khusus. Dagingnya harus direndam dalam santan dan bumbu, lalu dimasak lama hingga empuk. Dalam proses ini, daging dapat menyerap seluruh bumbu dan rasa yang ada.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D