0 0
Read Time:3 Minute, 47 Second

Medan – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim, pada Senin, 25 September 2023, mengeluarkan Surat Perintah (ER) kepada 19 dosen Universitas Negeri Medan (UNIMED) untuk menerima pelantikan yang baru. Gelar Profesor atau Profesor. .

Rektor UNIMED Profesor Dr. MP Baharuddin menyatakan, rekrutmen 19 Guru Besar/Guru Besar ini merupakan sebuah prestasi luar biasa dan mengharumkan nama UNIMED. Karena penambahan ini merupakan kesuksesan sejarah.

“Selama Januari-September 2023, jumlah Guru Besar Madya bertambah tiga puluh lima orang dosen, sehingga saat ini jumlah Guru Besar Madya sebanyak 102 orang,” kata Baharuddin.

Baharuddin juga mengucapkan selamat kepada para dosen yang berhasil meraih jabatan profesional tertinggi yakni Guru Besar/Profesor. Sebab jabatan guru besar ini merupakan sebuah prestasi yang terus diinginkan dan dikembangkan di UNIMED yang lebih baik kedepannya.

“Kami para pimpinan dan seluruh lapisan masyarakat ikut senang dan bangga atas keberhasilan yang diraih oleh para guru kami. Pengangkatan guru besar ini merupakan suatu pencapaian yang sangat berarti dalam dunia pendidikan tinggi dan menunjukkan komitmen UNIMED terhadap penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan,” ungkapnya. Baharuddin.

Baharuddin mengatakan prestasi ini patut diapresiasi. Pengangkatan seorang profesor seringkali memerlukan pertimbangan dan evaluasi yang ketat terhadap kualifikasi, pengalaman, dan kontribusi akademis calon profesor tersebut.

“Banyaknya dosen yang menjadi guru besar menunjukkan bahwa UNIMED memiliki tim akademik yang tinggi dan berkomitmen dalam meningkatkan mutu pendidikan dan penelitian di UNIMED. Hal ini menunjukkan komitmen UNIMED dalam mengembangkan tenaga akademik dan meningkatkan mutu pendidikan tinggi.” kata Baharuddin.  

Baharuddin mengatakan UNIMED dengan jumlah guru besarnya berjumlah 19 orang, berpotensi mengembangkan program pendidikan dan penelitian yang berkualitas sehingga dapat meningkatkan reputasi universitas dan memberikan manfaat besar bagi mahasiswa dan masyarakat. 

“Kami berharap prestasi ini dapat memberikan dampak positif bagi pendidikan dan penelitian di UNIMED serta membawa manfaat yang besar bagi masyarakat, dan rekrutmen 19 orang Guru Besar ini akan mempercepat UNIMED menjadi PTNBH dan World Class University,” kata Baharuddin. .

Sementara itu, Presiden Senat UNIMED Prof. Syawal Gultom mengaku bangga UNIMED menerima 19 guru besar lagi. Prestasi membanggakan tersebut, dosen UNIMED periode Juni-Agustus 2023 berjumlah 19 orang. Unimed telah merekrut 35 orang dosen yang berhasil lulus menjadi Guru Besar pada periode Januari-September 2023.

“Perekrutan 19 orang Guru Besar merupakan angka tertinggi pada tahun 2023 dan menjadi suatu kebanggaan bagi civitas akademika UNIMED.Hal ini menunjukkan bahwa universitas ini memiliki lembaga, departemen, dan program studi yang produktif dan berkualitas baik dalam hal penelitian maupun kontribusi akademik, kata Syawal.

Syawal mengatakan, guru besar merupakan jabatan akademik tertinggi di perguruan tinggi dan selalu diharapkan menjadi pemimpin dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan pendidikan. Pencapaian ini merupakan investasi UNIMED dalam peningkatan mutu pendidikan tinggi dan pengembangan tenaga-tenaga berkualitas tinggi di bidang pendidikan.

Selain itu, Syawal mengatakan hal ini dapat meningkatkan reputasi UNIMED di tingkat nasional dan internasional. Dengan memiliki 19 orang Profesor, UNIMED dapat memiliki berbagai macam penelitian dan keahlian yang dapat membawa manfaat besar bagi mahasiswa dan masyarakat sekitar. 

“Kami berharap penghargaan ini dapat mendorong prestasi akademik lebih lanjut di masa depan dan memberikan kontribusi positif bagi dunia pendidikan dan penelitian,” kata Profesor Syawal, Guru Besar UNIMED dan Tokoh Pendidikan Indonesia.

19 orang guru besar yaitu Profesor Dr. Nur’aini, M.S. Prof di bidang Psikologi Pendidikan dan Bimbingan. Dr. Masdiana Sinambela, MS. Prof. dalam Biologi Ekologi. Dr. Rahma Dewi, MPd. Prof di bidang Pendidikan Olahraga. Dr. Muhammad Yusuf, S.Si., M.Si. dalam Kimia Anorganik.

Prof. Dr. Indra Kasih, S.Pd., M.Or. Prof di bidang Pendidikan Olahraga. Dr. Budi Valianto, M.Pd bidang Pendidikan Olahraga, Prof. Dr. Erli Mutiara, Magister Sains Gizi Manusia dan Sumber Daya Keluarga, Prof. Dr. Sabarudin Yunis Bangun, S.Si., M.Pd. dalam Ilmu Pelatihan Olahraga.

Prof. Dr. Fil. Ichwan Azhari, M.S. Prof di bidang sejarah. Dr. Farihah, M.Pd. Prof di bidang Teknologi Pendidikan. Dr. Dr. Albadi Sinulingga, MPd. Prof di bidang Pendidikan Olahraga. Dr. Dr. Eka Daryanto, M.T. dalam Ilmu Administrasi Pendidikan.

Kemudian Prof. Dr. Ardi Nusri, M.Kes. Prof di bidang Pendidikan Olahraga. Dr. Thamrin, Magister Teknologi Pendidikan, Prof. Dr. Supraitno, S.Pd., M.Pd. Prof di bidang Pendidikan Olahraga. Dr. Sampitmo Habeahan, S.Th., M.Th. Di bidang teologi.

Setelah itu Prof. Dr. IR. Putri Lynna A. Luthan, Magister Sains Ilmu Manajemen Konstruksi, Prof. Dr. Marice, M.Hum. Prof di bidang linguistik. Dr. Ashar Hasairin, MSc Ilmu Struktur dan Perkembangan Tumbuhan.

Baca beberapa artikel menarik dan informatif di tautan ini. Berikut sejumlah jurusan yang menurut BUMN akan banyak peminatnya di tahun 2024. Selain memilih universitas yang tepat, Anda juga perlu mengembangkan kemampuan agar siap bersaing dalam proses rekrutmen perusahaan BUMN di kemudian hari. dianrakyat.co.id.co.id 13 Juni 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D