0 0
Read Time:3 Minute, 54 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan akan melakukan peninjauan kebijakan dan regulasi impor yang dimulai Maret 2024 melalui Peraturan Perdagangan (Permendag) No. 36 Tahun 2023.  Penilaian tersebut berdampak pada penerapan aturan perdagangan ke-36 dari kalangan pelaku usaha dan pelaku industri jasa handal (jastip) yang masih bergantung pada produk impor.

Zulkifli mengatakan, perubahan undang-undang impor bertujuan untuk melindungi produk dan perdagangan dalam negeri. UU Perdagangan 36/2023 akan diterapkan pada 10 Maret 2024. “Ada masyarakat yang mengeluhkan perubahan ini, dan itu wajar. Tapi kita harus menyikapinya dengan cara yang sama karena takutnya industri dalam negeri akan terdampak dibandingkan produk luar negeri. Menteri Perdagangan Antara Rabu Dikutip 14 Maret 2024.

Terkait hal tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan pembatasan barang luar negeri dimaksudkan untuk mengutamakan produk buatan Indonesia dan mendukung pergerakan negara Indonesia.

“Kami ingin memastikan dukungan terhadap produk kebanggaan Indonesia menjadi prioritas masyarakat Indonesia,” kata Sandiaga Uno, 14 Maret lalu. Kamis 14 Maret Kamis 2024 ujarnya saat ditemui di acara PHRI di kawasan Senayan, Jakarta Pusat. Mereka biasanya membawa oleh-oleh; Disarankan untuk menguranginya. Tujuannya untuk mempromosikan pembelian oleh-oleh di Indonesia.

Pria yang akrab disapa Sandy ini berjualan barang atau cinderamata dari tempat wisata religi di Timur Tengah, seperti Jakarta; Diketahui ditemukan di Tanah Abang.  Jika Anda membeli oleh-oleh, belilah di Indonesia. Apalagi kalau ke Timur Tengah untuk ziarah keagamaan, Tanah Abang punya oleh-oleh,” ujarnya.

Sandi sepakat dengan Kementerian Perdagangan (Kemendag) untuk menggalakkan gerakan kebanggaan nasional yang terjadi di Indonesia. Mereka baru-baru ini meluncurkan kampanye untuk mempromosikan penggunaan produk lokal dan mendorong wisatawan untuk berlibur ke Indonesia.

Karena itu, dia mengimbau wisatawan lokal untuk memilih. Sejalan dengan itu, pemerintah terus mendukung industri pariwisata dalam negeri dan menggalakkan komunikasi melalui harga tiket yang terjangkau.

 

“Jadi yang ingin saya dorong, masih banyak tempat lain yang belum ditawarkan, dan komunikasi dan harga tiket terjangkau terus kita dorong,” ujarnya.

Sementara itu, Menteri Perdagangan Zulhas mengatakan timnya akan mengirimkan surat kepada Menteri Koordinator Bidang Perdagangan Airlangga Hartarto. Pemeriksaan lainnya akan fokus pada penerapan peraturan impor pangan.

Nanti kita evaluasi dan tulis surat lagi ke Menko. Pangan misalnya, tidak perlu rekomendasi, kata Business Channel dianrakyat.co.id. Kamis Dilaporkan 14 Maret 2024. Dia mengatakan, aturan pembatasan bagasi bagi penumpang maskapai penerbangan sudah diterapkan sejak lama. Namun Peraturan Perdagangan 36 menunjuk Menteri untuk menjadi mitra dalam setiap itemnya.

“Jadi kalau ada barang masuk, belinya harus bayar, dan kalau beli tas Chanel, dipungut bea bajunya. Nah, kalau beli lebih dari dua pasang, simpan saja, dua pasang juga bagus,” dia menjelaskan.

Oleh karena itu, Zulhas meyakini keberadaan UU 36 Kementerian Perdagangan akan sangat membantu wisatawan asing. Karena fleksibilitas membawa sebagian besar barang impor tanpa pemeriksaan bea cukai. “Dulu kita bayar pajak. Bahkan Menteri Tata Niaga ini sekarang sudah siap membeli dua jilid,” pungkas Zulkifli Hasan.

 

Di sisi lain, bidang drama Korea atau K-drama yang setiap ceritanya sukses merupakan hal yang menyenangkan bagi semua penontonnya. Karena itulah para penggemar dalam dan luar negeri memberikan perhatian penuh dan mendukung idola kesayangannya.

Dengan berbekal album, baju resmi, lampu, mereka membeli pernak-pernik dan memilih penghargaan internasional agar grup idola mereka keluar sebagai pemenang.

Ternyata cara mengesankan para penggemar Kpop dengan membeli berbagai album dan iklan resmi telah menjadi peluang bisnis seperti jastiper atau jasa pengiriman (jastip). Sudah banyak Jastiper yang bisa menyenangkan Kpopers di Indonesia, dan nampaknya jumlahnya semakin bertambah di masa pandemi COVID-19.

Namun bagi para K-poper yang tidak curiga, tidak jarang mereka menjadi korban para jastiper penipu yang ingin mendapat untung besar namun tidak bisa mendapatkan produk impian mereka, kata sang kekasih sekaligus pemilik. Sinta Kusuma dari jastip industri Kpop Korea Selatan dengan akun @gureumshop telah menjadi terkenal secara internasional di boy grup pertama BigBang atau sekitar tahun 2006. 

 

“Dulu, akses penggemar Kpop terbatas dan hanya bisa menonton di YouTube atau melalui tautan tidak resmi. Bahkan untuk membeli album pun sulit karena tidak banyak toko offline dan online,” kata Sinta kepada dianrakyat.co.id, Minggu. 15 Oktober 2023. “Kpop belum sebesar sekarang karena penggemarnya tidak muncul di media sosial.” Pada tahun 2010, penggemarnya menjadi semakin banyak selama pandemi. ” dia menambahkan.

Dari situlah usaha Jastip berkembang. album, Sudah banyak penggemar fanatik yang ingin membeli merchandise dan album resmi keren dari idola Plus Plus mereka. Saat itu, boy band BTS mencapai puncak popularitasnya dan mengharumkan industri ini dengan merilis berbagai album dan lagu.

Sinta mengaku pernah menjadi penggemar BigBang dan bekerja sebagai event organizer konser besar Kpop sehingga memberikan Jastip ketrampilan menjalankan bisnis Kpop.

“Kami memulainya ketika fanbase Kpop berkembang pesat di Indonesia pada masa wabah itu sendiri. Setelah itu kami memiliki gudang sendiri dan akhirnya kami memanfaatkan kesempatan untuk terhubung di sana untuk mengirim paket pesanan ke Indonesia,” ujarnya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D