0 0
Read Time:1 Minute, 54 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta – YouTube Music meluncurkan fitur baru untuk pengguna. Dengan fitur baru ini, pengguna dapat dengan mudah mencari lagu dengan cara menyanyikannya.

Dikutip Android Police, Senin (18/3/2024), fitur tersebut ditemukan oleh pengguna YouTube Music yang menggunakan iOS. Fitur ini dapat dikenali dari ikon baru di kolom pencarian.

Berdasarkan pengalaman yang dibagikan oleh para pengguna ini, aplikasi YouTube Music kini menambahkan ikon di samping kotak pencarian.

Selain ikon mikrofon untuk mencari berdasarkan suara; Terdapat ikon tambahan di sisi kanan untuk mencari lagu dengan cara diswipe.

Namun, fitur tersebut diketahui belum tersedia untuk semua pengguna aplikasi YouTube Music. Google masih meluncurkannya ke beberapa pengguna.

Kamu tahu Penyetelan ulang bukanlah hal baru di Google. Pada tahun 2020, fitur ini akan dapat dicari di Google Penelusuran.

Lalu tahun lalu, Google meluncurkan fitur ini untuk pengguna aplikasi YouTube di perangkat Android, meski terbatas pada sebagian besar perangkat.

Di Youtube, Anda dapat mengakses fitur ini dengan mengakses tombol mikrofon di sebelah kotak pencarian.

Saat mengaktifkannya, pengguna mendapatkan dua opsi. Tab Suara memungkinkan pengguna melakukan pencarian, sedangkan tab Musik untuk pencarian berbasis suara.

Di samping itu, Layanan premium dan musik YouTube dilaporkan memiliki lebih dari 100 juta pelanggan pada Januari 2024, termasuk pengguna uji coba gratis.

Angka ini bertambah 20 juta anggota dalam satu tahun dan jumlah ini akan meningkat dua kali lipat dibandingkan September 2021.

Menurut Engdget, dikutip Sabtu (3/2/2024), YouTube menaikkan biaya berlangganan Premium sebesar $2 per bulan mulai Juni 2023, namun dianggap berhasil meningkatkan angka tersebut.

Namun, Tidak diketahui berapa banyak orang yang benar-benar menggunakan YouTube Music (termasuk akses premium ke layanan tersebut).

Namun layanan streaming musik ini memiliki pengguna berbayar yang jauh lebih sedikit dibandingkan Spotify yang memiliki 220 juta pelanggan premium per 30 September 2023.

Spotify berencana mengungkap jumlah pelanggan terbarunya minggu depan.

Sementara itu, Apple tidak memberikan informasi berapa jumlah pelanggan Apple Music. Angka akurat terakhir yang diberikan perusahaan untuk layanan ini adalah 60 juta pelanggan pada tahun 2019.

Namun, ada banyak perbandingan antara layanan berbayar YouTube Music dan Apple Music dan Spotify Premium.

YouTube Premium memiliki kelebihan sehingga pengguna mungkin akan kesulitan untuk kembali ke versi layanan yang didukung iklan.

Opsi untuk mengunduh video offline tanpa menggunakan solusi dan fitur pemutaran latar belakang juga sangat berguna. YouTube Music adalah manfaat tambahan bagi sebagian pengguna YouTube. 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D