0 0
Read Time:1 Minute, 58 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta – IRTA, FIM dan Dorna Sports sepakat membatalkan seri MotoGP Argentina 2024.

MotoGP Argentina di sirkuit Termas de Rio Hondo sedianya dijadwalkan pada 5-7 April 2024. Namun, pada Selasa (31/1/2024), pihak MotoGP mengumumkan dalam keterangan resminya bahwa GP Argentina dibatalkan.

Dalam pernyataan yang dirilis, Federasi Sepeda Motor Internasional, IRTA (Asosiasi Tim Moto GP) dan Dorna mengatakan, komite sepeda motor lokal Argentina tidak bisa memberikan jaminan pelaksanaannya.

“Karena kondisi saat ini di Argentina, promotor acara telah menginformasikan bahwa saat ini pihaknya tidak dapat menjamin layanan yang diperlukan untuk Grand Prix 2024 sesuai standar MotoGP,” kata MotoGP dalam pernyataannya.

“Acara ini tidak akan tergantikan pada kalender 2024. MotoGP berharap bisa kembali menggelar balapan di Termas de Rio Hondo pada tahun 2025.”

Pembatalan Argentina disebabkan oleh kebijakan ekonomi radikal yang dilakukan presiden baru Argentina, Javier Meli, yang mulai menjabat pada 10 Desember 2023. Setelah kebijakan tersebut diusung, jumlah kementerian dikurangi dari 18 menjadi 9.

Meli melakukan reformasi ekonomi yang penting. Menurutnya, saat ini perekonomian Argentina mengalami penurunan yang cukup signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

Penyebab utamanya juga adalah penurunan tajam nilai peso Argentina dan tingginya inflasi yang diakibatkannya (saat ini sebesar 211%). Utang nasional Argentina saat ini diperkirakan mencapai lebih dari $400 miliar (sekitar £315 miliar).

Milli mengatakan langkah-langkah mengejutkan diperlukan untuk mengatasi krisis ini dan menjanjikan deregulasi dan pemotongan anggaran. Salah satu caranya adalah dengan mengurangi belanja publik, termasuk pada acara olahraga. Inilah penyebab balapan MotoGP Argentina dibatalkan.

Seperti kita ketahui, MotoGP Argentina yang berlangsung di Circuito Autódromo Termas de Río Hondo sudah rutin digelar sejak tahun 2014. Sirkuit ini baru dua kali absen dari kalender MotoGP akibat COVID-19 pada tahun 2020 dan 2021.

Sebelum tahun 2014, para pecinta olahraga di Argentina harus bersabar cukup lama. Negeri Tango terakhir kali menjadi tuan rumah ajang GP pada tahun 1999. Saat itu masih digelar di Autodromo Oscar Alfredo Galvez di Buenos Aires.

Ada upaya berulang kali untuk menyelenggarakan Grand Prix di Amerika Selatan. Namun, rencana menggelar balapan di Brazil dan Chile gagal. Kini Argentina juga sudah dibatalkan.

Tidak ada alternatif selain membatalkan MotoGP Argentina. Artinya, hanya 21 seri balapan yang akan digelar musim ini. GP Argentina 2024 dijadwalkan setelah GP Qatar sebagai seri pembuka dan GP Portugal sebagai seri kedua.

MXGP Argentina yang dijadwalkan pada 9-10 Maret kabarnya juga akan dibatalkan, namun hal tersebut belum bisa dipastikan.

Sumber: Oto.com

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D