0 0
Read Time:2 Minute, 22 Second

dianrakyat.co.id, JAKARTA — Para astronom telah menemukan lubang hitam dengan massa sekitar 33 kali massa Matahari. Lubang hitam tersebut dikatakan sebagai yang terbesar kedua di galaksi Bima Sakti, setelah lubang hitam supermasif yang tersembunyi di pusat galaksi.

Dikutip situs Reuters, Senin (22/4/2024), lubang hitam yang baru teridentifikasi ini terletak sekitar 2.000 tahun cahaya dari Bumi. Satu tahun cahaya adalah jarak yang ditempuh cahaya dalam satu tahun atau 9,5 triliun kilometer.

Secara kosmologis letaknya relatif dekat, dan tepat berada di konstelasi Aquila. Sebuah lubang hitam memiliki bintang pendamping yang mengorbitnya. Hal ini terdeteksi oleh pengamatan yang dilakukan oleh misi Gaia Badan Antariksa Eropa.

Lubang hitam merupakan objek yang sangat padat dengan gravitasi yang bahkan cahaya pun tidak dapat lolos sehingga sulit ditemukan. Gaia milik Badan Antariksa Eropa telah melakukan sensus bintang besar-besaran.

Data dari Very Large Telescope milik European Southern Observatory yang berbasis di Chili dan observatorium berbasis darat lainnya digunakan untuk memverifikasi massa lubang hitam. Hasil deteksinya juga telah dipublikasikan di jurnal //Astronomy and Astrophysics//.

“Lubang hitam ini tidak hanya sangat besar, tetapi juga sangat aneh dalam banyak hal. Ini adalah sesuatu yang tidak pernah kami duga akan terlihat,” kata penulis utama studi tersebut, seorang insinyur penelitian di lembaga penelitian CNRS Prancis yang bekerja di observatorium tersebut. de Paris

Panuzzo dan timnya menamai lubang hitam tersebut Gaia BH3, dan lubang hitam ini masuk dalam kategori lubang hitam bintang karena “lahir” dari runtuhnya sebuah bintang. Salah satu keanehannya adalah lubang hitam bergerak berlawanan arah dengan orbit bintang di galaksi.

Menurut tim astronom, Gaia BH3 kemungkinan terbentuk setelah matinya sebuah bintang yang massanya lebih dari 40 kali Matahari. Bintang induk Gaia BH3 hampir seluruhnya terdiri dari hidrogen dan helium.

Bintang-bintang di alam semesta awal memiliki komposisi kimia yang disebut sifat logam rendah. Bintang ini terbentuk relatif awal dalam sejarah alam semesta, mungkin dua miliar tahun setelah peristiwa //Big Bang/.

Ketika sebuah bintang meledak di akhir masa hidupnya (disebut peristiwa supernova), sejumlah besar materi akan terlempar ke luar angkasa. Sementara itu, puing-puing tersebut runtuh dengan hebat hingga membentuk lubang hitam.

Penemuan Gaia BH3 diketahui mendukung model evolusi bintang. Model tersebut menunjukkan bahwa lubang hitam bintang masif hanya dapat dihasilkan oleh bintang dengan kandungan logam yang rendah seperti bintang induknya.

Sedangkan bintang pendamping Gaia, BH3, diperkirakan berusia sama dengan bintang lainnya. Massanya sekitar 76 persen massa Matahari dan sedikit lebih dingin, namun 10 kali lebih terang. Bintang pendampingnya mengorbit lubang hitam dalam jalur elips.

Jaraknya ditemukan bervariasi, sekitar 4,5 kali jarak Bumi ke Matahari dan 29 unit astronomi (AU). Sebagai perbandingan, Jupiter mengorbit sekitar lima AU dari Matahari dan Neptunus mengorbit sekitar 30 AU.

“Hasil yang mengejutkan bagi saya adalah komposisi kimia bintang pendamping ini tidak menunjukkan sesuatu yang istimewa, sehingga tidak terpengaruh oleh ledakan supernova lubang hitam,” kata Elisabetta, astronom dan salah satu penulis studi di Observatoire de Paris. kafau

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D