0 0
Read Time:2 Minute, 12 Second

MANADO – Ada beberapa gunung berapi selain Gunung Ruang yang baru-baru ini meletus. Menurut BNPB, aktivitas Gunung Ruang meningkat dari level peringatan menjadi peringatan mulai 16 April 2024.

Dari laporan Pusdalops BNPB, Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, meletus pada Selasa malam (16/4). Daerah yang terkena dampak adalah Desa Pumpente dan Desa Patologi di Provinsi Tagulandang.

Letusan gunung ini berdampak pada 272 kepala keluarga dan 828 jiwa mengungsi. Terkait erupsi Gunung Ruang, Bupati Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) menetapkan keadaan tanggap darurat selama 14 hari terhitung tanggal 16 hingga 29 April 2024.

Selain kabar erupsi Gunung Ruang, Sulut juga punya beberapa gunung berapi lain yang tersebar di berbagai wilayah. Berikut daftarnya. 4 gunung berapi di Sulawesi Utara, kecuali Gunung Ruang1. Gunung Lokon, gunung berapi pertama di Sulawesi Utara, terletak di dekat Kota Tomohon. Gunung ini mempunyai ketinggian 1.580 m di atas permukaan laut. Sesuai dengan namanya, Gunung Lokon mempunyai arti tua dan besar.

Gunung Lokon masih merupakan gunung aktif. Gunung ini berlubang di sisinya, bukan di puncak gunungnya. Jejak kaki berukuran besar juga telah ditemukan.

2. Gunung Soputan

Berikutnya adalah Gunung Soputan yang menunjukkan tanda-tanda peningkatan letusan pada 5 Desember 2023. Terletak sekitar 50 kilometer barat daya kota Manado, gunung ini memiliki ketinggian 1.784 meter di atas permukaan laut.

Gunung berapi ini terbentuk pada masa Kuarter di ujung selatan kaldera Tondano dan merupakan salah satu gunung berapi teraktif di Sulawesi. Gunung Soputan merupakan sumber material berupa batuan dan pasir. Kawasan kaki Gunung Soputan mempunyai material yang bagus untuk membangun rumah atau gedung dan kawasan sekitarnya 3. Oh Karangetang

Dikenal juga dengan nama Api Siau, gunung ini terletak di sebelah utara Sulawesi Utara, Indonesia, tepatnya di Kabupaten Tagulandang Biaro Siau Kepulauan.

Gunung yang tingginya 1.827 meter ini merupakan salah satu gunung berapi teraktif di Indonesia. Gunung ini telah meletus lebih dari 40 kali sejak tahun 1675, serta banyak letusan kecil yang tidak tercatat dalam catatan sejarah.

4. Banua Wuhu

Banua Wuhu merupakan gunung berapi bawah laut yang terletak di sebelah barat Pulau Mahengetang, Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara. Gunung ini mempunyai ketinggian 400 meter dari dasar laut dan puncaknya berada di kedalaman 5 meter di bawah air.

Catatan sejarah menunjukkan bahwa beberapa pulau ada dalam waktu singkat dan kemudian menghilang. Pulau setinggi 90 meter ini terbentuk pada tahun 1835, namun menyusut menjadi beberapa bebatuan pada tahun 1848. Letusan pada bulan September 1889 menciptakan pulau baru yang mencapai ketinggian 50 meter pada tahun 1894.

Itulah empat gunung berapi di Sulut, selain Gunung Ruang, yang belakangan ini menunjukkan aktivitas. Dengan banyaknya gunung berapi, masyarakat harus berhati-hati dan berbuat sesuatu, terutama bagi mereka yang tinggal di sekitar pegunungan tersebut.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D