0 0
Read Time:1 Minute, 30 Second

dianrakyat.co.id, Pemprov DKI Jakarta akan memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) Idul Fitri 2024 dan gaji ke-13 Pegawai Negeri Sipil (ASN/PNS). Namun ketentuan THR bagi pegawai pemerintah dan gaji ke-13 tidak berlaku bagi kepala desa, aparat desa, atau aparat kecamatan.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan, keputusan pemerintah tidak memberikan THR dan gaji 13 kepada kepala dan staf karena mereka tidak termasuk dalam ASN atau PNS. Ketentuan ini diatur oleh ketentuan yang berlaku. “Kalau aparat desa belum ada undang-undang (THR dan 13 gaji). Di undang-undang desa, kepala desa bukan ASN, bupati, kepala desa juga bukan ASN,” kata Menteri Penerangan Tito Gamla kepada pers. Pembayaran THR dan Gaji ke-13 Tahun 2024 di Kementerian Keuangan, Jakarta pada Jumat (15/3/2023).

Meski demikian, para kepala desa dan camat bisa melihat manfaat yang sama melalui penggunaan dana desa, seperti yang dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya. Namun, kata dia, uang yang dialokasikan untuk kepala desa tidak boleh memberikan tekanan pada keuangan desa.

“Kami (kepala desa) juga ingin sukses tapi tidak ingin membebani keuangan kota juga,” tegasnya. Manfaat serupa dengan THR

Tito memperkirakan gaji seperti THR dan pembayaran gaji ke-13 kepala desa mencapai Rp 81,6 triliun. Bahkan, jumlah tersebut lebih banyak dibandingkan besaran dana perkotaan pemerintah pusat yang berkisar Rp70 triliun.

“Umumnya gaji (kades) kurang dari Rp2 juta, kepala desanya hanya sepuluh dan stafnya dua puluh juta kali lipat dari 80.000 desa, jadi Rp81,6 triliun,” jelasnya.

Oleh karena itu, Tito dipastikan akan membahas THR dan rencana gaji serta tunjangan ke-13 seperti Menteri Organisasi dan Pemkot. Agar upaya pejabat kota dalam meningkatkan kesejahteraan kota tidak membebani keuangan kota.

“Nanti kita diskusikan dengan paguyuban desa dan menteri desa, atau mungkin ada ide lain, kita ikuti seperti tahun-tahun sebelumnya, biasanya ada kebijakan yang dibicarakan,” tegasnya.

Wartawan: Sulaiman

Sumber: Merdeka.com

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D