0 0
Read Time:2 Minute, 10 Second

dianrakyat.co.id, DEPOK — Guru Besar Ilmu Kulit dan Kelamin (UI) Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Indonesia Prof. Dr. Dr. Lili Legiawati, Sp DVE, Subsp DKE, berinovasi dalam pengobatan kebotakan dan rambut rontok dengan sel induk dan turunannya.

“Sel induk dan turunannya merupakan harapan masa depan untuk dapat digunakan dalam mengatasi masalah rambut rontok dan kebotakan,” kata Prof. Lily Legiavati di Kampus UI Depok, beberapa waktu lalu.

Sel induk atau embrio yang belum membelah sel induknya. Sel induk memiliki kemampuan untuk berkembang menjadi sel dengan fungsi tertentu dan membentuk berbagai jaringan di dalam tubuh.

Prof. Lily menjelaskan, sel punca dapat memperbaharui dirinya dengan cara membelah diri secara berbeda-beda dengan tetap menjaga kualitas aslinya. “Sel induk yang mampu meregenerasi folikel rambut bisa diperoleh dari berbagai sumber, seperti jaringan adiposa, sumsum tulang, atau folikel rambut dari area yang tidak terkena kebotakan,” ujarnya.

Ada tiga strategi masa depan untuk terapi sel induk, yang pertama adalah cangkok sel induk, lingkungan yang dikondisikan sel induk (sekretome), dan penggunaan eksosom sel induk. Banyak penelitian di luar dan dalam negeri telah dilakukan untuk membandingkan berbagai penggunaan sel induk dan turunannya dengan plasebo atau pengobatan lainnya.

“Pada tahun 2021 dan 2023, penelitian kami tentang penggunaan sekretom dalam pengobatan kebotakan (androgenetic alopecia) mendapatkan hasil yang baik. Jumlah, kepadatan dan diameter rambut menjadi koreksi yang penting,” kata Prof Lili.

Selain itu, ia mengatakan penggunaan serum kaya trombosit dalam pengobatan rambut rontok dan kebotakan memiliki efek yang sama. Darah kaya trombosit adalah sediaan yang diambil dari darah pasien atau orang lain (donor), yang mengandung trombosit tinggi dan berbagai faktor pertumbuhan rambut, serta berbagai protein yang berperan penting dalam pertumbuhan rambut.

“Pada tahun 2022, kami melakukan penelitian untuk mengevaluasi penggunaan darah kaya trombosit untuk pengobatan penyakit kulit. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan pada jumlah, kepadatan, dan diameter rambut,” ujarnya.

Ia menambahkan, sudah banyak penelitian tentang sel punca dan turunannya di dalam dan luar negeri yang membuahkan hasil yang baik, dan menyebutkan bahwa sel punca dan turunannya merupakan obat yang baik untuk masa depan, terutama untuk rambut rontok dan kebotakan. Selain untuk pengobatan banyak penyakit, nyeri.

Penelitian dengan topik serupa juga dilakukan oleh Prof. Lili dan dimuat di banyak majalah nasional dan internasional. Beberapa di antaranya akan diterbitkan pada tahun 2023. Kombinasi media terkondisi sel induk yang diturunkan dari adiposa dan minoksidil untuk pertumbuhan kembali rambut pada alopecia androgenetik pria: tinjauan uji coba acak tersamar ganda; Sel induk sebagai metode pengobatan penyakit dermatologis.

Juga, perbandingan teknik sentrifugasi plasma kaya trombosit (PRP) siklus tunggal versus siklus ganda untuk peningkatan jumlah trombosit dan pengobatan pada alopesia androgenetik: inspeksi visual dari uji coba pendahuluan, acak, dan tersamar ganda.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D