0 0
Read Time:2 Minute, 7 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta Umumnya orang yang mandi dan keramas sebelum tidur seringkali merasa kesulitan untuk menunggu rambutnya benar-benar kering. Ada beberapa alasan yang melatarbelakangi hal ini, antara lain memperpendek waktu tidur karena menunggu rambut mengering, atau mengkhawatirkan nyamannya langsung tidur setelah mandi. Namun, kebiasaan tidur dengan rambut basah sebaiknya dihindari. Ada beberapa bahaya yang bisa timbul bila seseorang tidur dengan rambut basah.

Berikut kutipan dari Health.com (3/7/2024) tentang tidur dengan rambut basah.

Dermatologis mengatakan bahwa membasahi rambut sebelum tidur dapat meningkatkan kerontokan rambut. Dr Cindy Wassef Rambut basah lebih rapuh. Kondisi ini, disertai gesekan atau tekanan saat tidur, dapat menyebabkan rambut patah.

Selain menyebabkan rambut patah, tidur dengan rambut basah juga dapat meningkatkan risiko terjadinya masalah kulit kepala. Tidur dengan rambut basah dapat meningkatkan kelembapan dan suhu kulit kepala, sehingga meningkatkan risiko infeksi bakteri dan jamur, kata Cindy Wassef. Hal ini dapat menyebabkan folikulitis dan memperburuk ketombe. Selain itu, tidur tanpa mengeringkan rambut dapat menyebabkan masalah pernapasan, karena kelembapan di tempat tidur mendorong pertumbuhan jamur.

Dr Joshua Zeichner, meskipun tidur dengan rambut kering dianjurkan, tidur dengan rambut basah biasanya tidak menyebabkan kerusakan rambut yang tidak dapat diperbaiki. Namun, ada langkah lain yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kesehatan rambut selain tidur dengan rambut kering. Beberapa langkah tersebut antara lain: memakai ikat rambut yang longgar atau terlalu ketat saat tidur untuk menahan rambut menggunakan bantal sutra, memakai penutup kepala berbahan satin saat tidur, keramas pada kulit kepala, dan menggunakan kondisioner pada ujung-ujung rambut. rambut Anda

Tak hanya infeksi bakteri, tidur dengan rambut basah juga bisa memicu infeksi jamur pada kulit kepala. Infeksi jamur pada kulit kepala atau kurap ini sangat menular. Oleh karena itu, sangat penting untuk mencuci dan membersihkan segala sesuatu yang bersentuhan dengan kulit kepala yang terinfeksi.

Pasalnya, suhu kepala yang dingin belum bisa menyesuaikan dengan suhu tubuh yang masih hangat setelah beraktivitas seharian. Jika Anda tidur dengan rambut terbungkus handuk, keadaannya akan bertambah buruk.

Saat rambut basah, kandungan air membuatnya rapuh sehingga mudah patah akibat tarikan sisir yang Anda gunakan. Mulai sekarang, Anda bisa mengeringkan rambut sebelum menyisir. Dengan cara ini rambut Anda tidak akan terlalu rontok.

Ketidakstabilan ikatan hidrogen pada rambut dapat membuat rambut menjadi lebih keriting atau bergelombang saat basah. Apa yang Anda alami adalah apa yang terjadi secara alami pada rambut.

Mencuci rambut di malam hari tidak secara langsung meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit ini, menurut laporan Medical News Today. Padahal, mencuci rambut pada malam hari disarankan karena Anda punya waktu luang lebih banyak untuk membiarkan rambut kering secara alami tanpa bantuan pengering rambut.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D