0 0
Read Time:3 Minute, 13 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta – Blibli menghadirkan rangkaian promo belanja spesial bertajuk THR Ramadhan bersama Blibli yang digelar mulai 11 Maret hingga 1 April 2024. Dalam program ini, Blibli menawarkan berbagai wawasan istimewa selama periode Ramadhan tahun ini.

Beberapa program yang dihadirkan Blibli adalah Kupon Gercep hingga 90 persen setiap hari, Extra Cashback hingga Rp 500.000, Brand Offers dengan diskon besar dan penawaran menarik lainnya.

Menurut Campaign Manager Blibli Wilson Ciantoro, program yang ditawarkan Blibli membuat berbelanja menjadi mudah dan menyenangkan bagi pelanggan.

Selain itu, mengutip data The Trade Desk pada akhir tahun 2023, satu dari tiga orang Indonesia berencana untuk berbelanja lebih banyak sebelum dan selama Ramadhan pada tahun 2024.

Riset ini juga menyebutkan bahwa 85 persen dari total responden pernah mencoba berbagai merek baru.

“Dilihat dari tren yang muncul setiap tahunnya, jumlah pembelian di Blibli pada bulan Ramadhan 2023 akan meningkat dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya,” kata Wilson dalam keterangan resmi yang diterima, Rabu (13/03/2024).

Mengingat program Ramadhan Bersama Blibli di tahun 2023, ada tiga kategori produk yang paling banyak dicari masyarakat saat berbelanja online, yaitu kebutuhan sehari-hari Bliblimart, peralatan rumah tangga, serta produk kesehatan dan kecantikan.

Untuk itu, Blibli menawarkan lebih banyak pilihan dan kemudahan dalam program THR ini. Salah satunya Bliblimart yang memberikan beberapa penawaran seperti 2 jam pasti sampai, Flash Sale Promo All Rp 5K dan gratis ongkos kirim.

Selain itu, penjualan produk elektronik juga mencatatkan pertumbuhan positif selama bulan puasa. Misalnya, tahun lalu saat Ramadhan, jumlah mesin cuci meningkat dua kali lipat.

Untuk itu, Blibli kembali menghadirkan belanja menarik perlengkapan elektronik rumah tangga seperti mesin cuci, penyedot debu, TV, dan AC. Ada juga voucher menarik dan fasilitas cicilan gratis 0%.

Pada periode ini, Blibli juga memberikan promo spesial untuk pembelian produk Samsung dengan cashback hingga Rp 500 ribu untuk beberapa produk.

Di sisi lain, Blibli juga mengungkap bagaimana mereka menerapkan teknologi kecerdasan buatan (AI) pada layanan purna jualnya.

Blibli mengatakan penerapan algoritma AI dan machine learning (ML) menjadi salah satu kunci efisiensi dan peningkatan layanan bisnis dalam beberapa tahun terakhir.

Perusahaan mengatakan salah satu tantangan yang mereka hadapi sebagai pemain di industri e-commerce adalah menjaga kepuasan pelanggan setelah penjualan.

Itu sebabnya Blibli melakukan inovasi bisnis dengan menerapkan AI dan ML pada proses pengembalian instan.

Menurut Blibli, pada tahap purna jual, konsumen seringkali kebingungan mengenai mekanisme pengembalian yang benar, aman dan nyaman serta kesulitan dalam mencari informasi mengenai hal tersebut.

Faktanya, berdasarkan survei Statista yang diterbitkan pada Juni 2023, kemudahan pengembalian menjadi salah satu pertimbangan utama masyarakat Indonesia dalam memilih platform e-commerce.

Oleh karena itu, Blibli juga memanfaatkan teknologi AI dan ML untuk menghadirkan solusi pengembalian instan melalui situs web atau aplikasinya.

Azizah Purwitasari, Head of Business Process Transformation Blibli, mengatakan fitur tersebut akan memudahkan pelanggan dalam mengembalikan produk sesuai ketentuan.

Pelanggan hanya perlu mengikuti formulir petunjuk yang muncul di aplikasi dan website Blibli.

“Selain mengharuskan Anda melampirkan foto produk, AI Damage Product Detection akan secara otomatis memeriksa kondisi produk yang ingin Anda kembalikan,” ujarnya.

“Selain itu, Rekomendasi Solusi Otomatis AI akan menggunakan data dari hasil inspeksi, serta data riwayat pembelian pelanggan dan ketentuan pengembalian, untuk memberikan solusi.”

Pelanggan Blibli dapat menemukan solusi pengembalian instan untuk mengembalikan barang setelah refund atau transaksi.

Jika terdapat ketidaksesuaian pada produk yang diterima dan ingin dikembalikan, pelanggan Blibli bisa langsung memprosesnya sendiri.

Di sini, pengguna harus memilih dan memotret terlebih dahulu barang yang ingin dikembalikan. Mereka kemudian perlu mengisi dan menyerahkan formulir online untuk mendapatkan nomor permohonan yang dapat digunakan untuk melacak kemajuan proses.

Pelanggan akan dihubungi oleh agen Blibli Care jika diperlukan informasi tambahan.

Dalam prosesnya, Blibli menggunakan fitur AI pendeteksi kerusakan produk yang secara otomatis mendeteksi kondisi produk yang ingin dikembalikan menggunakan foto yang disediakan pelanggan.

Fitur ini juga akan memberikan saran solusi. Misalnya produk yang diterima dalam keadaan rusak, maka hasil deteksi AI pada foto akan menginstruksikan pusat pengembalian untuk segera mengirimkan produk pengganti.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D