0 0
Read Time:1 Minute, 43 Second

JAKARTA – 6 kebiasaan ini disebut-sebut menjadikan pikiran manusia di dalam tubuh manusia, otak memiliki fungsi yang sangat penting dalam menerima, mengelola, dan memilih informasi.

Peran otak begitu penting sehingga upaya untuk menjaganya sangatlah penting. Menurut psikolog asal Inggris Dr Christian Jarrett, ada banyak kebiasaan yang berguna untuk menjaga fungsi otak, empat di antaranya melindungi pikiran Anda. Untuk informasi lengkapnya, artikel kali ini akan membahas sejumlah kebiasaan yang dapat menguatkan pikiran, simak yuk!

6 Kebiasaan yang Menghentikan Pikiran Anda

1. Gerakan dan olah raga

Gerakan atau olahraga dapat menjaga kesehatan otak. Sebab, oksigen dan nutrisi yang sangat dibutuhkan otak sudah terpenuhi.

Di sisi lain, tidak banyak bergerak atau berolahraga serta kelebihan berat badan dapat menyebabkan penurunan kognitif dan demensia. Demensia merupakan penyakit dimana daya pikir dan daya pikir masyarakat melemah.

2. Belilah makanan sehat

Pola makan yang baik dapat menjaga kesehatan otak dengan mengonsumsi sayuran hijau dan buah-buahan. Makanan ini tinggi antioksidan yang mampu mengais radikal bebas di otak.

Di sisi lain, mengonsumsi terlalu banyak lemak jenuh meningkatkan penyempitan arteri, dan makanan tidak sehat lainnya dapat meningkatkan risiko aterosklerosis.

3. Selalu penasaran

Tetap penasaran dapat membuat pikiran sibuk. Rasa ingin tahu, kreatif, dan mau mencoba hal baru dapat menurunkan risiko demensia.

Hal ini ditunjukkan dalam penelitian dari University of Georgia yang menunjukkan bahwa minat yang tinggi berhubungan dengan kecepatan psikomotorik, kelenturan mental, dan fungsi kognitif.

4. Hubungan

Bersosialisasi merupakan salah satu kegiatan pembentukan otak. Sebaliknya, berkurangnya aktivitas sosial atau penarikan diri dari pergaulan akan membuat seseorang berisiko mengalami depresi.

Menurut studi yang dilakukan tim dari University of Groningen, seseorang yang memiliki sedikit kontak sosial dan merasa kesepian dapat meningkatkan risiko terkena penyakit tersebut.

5. Melatih otak

Cara otak belajar adalah dengan meningkatkan cadangan kognitifnya, yaitu kemampuan otak untuk melakukan penyesuaian selama penuaan atau penyakit.

Seseorang dengan kecerdasan yang tinggi akan mengatasi kerusakan otak yang terjadi pada usia tua, seperti penyakit Alzheimer dan demensia. Jika cadangan mental seseorang tinggi, maka komponen mentalnya kuat.

6. Pikirkan baik-baik

Setelah melakukan langkah-langkah untuk meningkatkan kesehatan, seperti bersosialisasi, berolahraga, mengonsumsi makanan sehat, dan rasa ingin tahu, seseorang akan cepat berpikir lebih baik.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D