0 0
Read Time:1 Minute, 34 Second

dianrakyat.co.id, JAKARTA – Inggrid Tania, Ketua Persatuan Pengobat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), mengungkap penemuan menarik tentang daun stevia. Dikenal sebagai pemanis rendah kalori, bermanfaat dalam menurunkan kadar gula darah pada pasien diabetes. Daun Stevia memiliki khasiat meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini juga diamati terutama selama bulan Ramadhan dan cuaca yang tidak menentu. Menurut Ingrid Tania, stevia mampu merespons patogen yang mencoba masuk ke dalam tubuh manusia dengan lebih baik.

“Stevia dapat membantu sistem imun kita untuk merespon secara seimbang, misalnya dengan membantu sel imun untuk merespon infeksi atau mengembangkan respon yang sesuai, misalnya dengan membantu sistem imun adaptif,” kata Ingrid. katanya, Selasa (26/03/2024).

Selain itu, Inggrid juga memaparkan pentingnya penggunaan imunomodulator sebagai imunomodulator yang dapat mengatur sel imun tubuh untuk memberikan respon yang tepat terhadap patogen atau patogen yang mencoba masuk ke dalam tubuh.

Infeksi atau patogen adalah virus, bakteri, Jamur dan parasit juga dapat membantu mengatur tubuh kita. Hal ini memungkinkan sistem kekebalan tubuh merespons zat yang dapat menyebabkan alergi atau kepekaan, serta melawan atau mencegah sel kanker. ” dia berkata.

Beberapa contoh tumbuhan yang diketahui memiliki sifat imunomodulator adalah daun teh atau ‘Camellia Sinensis’; Jahe ‘Zingiber Officinale’ dan Ketumbar ‘Coriandrum Sativum’.

Inggrid menjelaskan, teh hitam memiliki khasiat sistem imun yang mirip dengan teh hijau karena mengandung antioksidan seperti senyawa polifenol dan senyawa katekin. Selain itu, khasiat daun teh ditingkatkan dengan bahan penambah kekebalan tubuh lainnya seperti jahe.

Dikenal sebagai ramuan yang meredakan gejala pilek, jahe juga memiliki efek imunomodulator yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa jahe dapat membantu mengatasi infeksi virus penyebab penyakit seperti flu atau flu.

Selain daun teh dan jahe, rempah-rempah seperti ketumbar memiliki khasiat meningkatkan kekebalan tubuh. Biasa ditemukan di dapur sebagai bahan tambahan masakan, ketumbar terbukti merangsang sel kekebalan tubuh agar berfungsi lebih baik.

“Jahe banyak digunakan oleh masyarakat atau komunitas di berbagai belahan dunia untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh,” kata Ingrid.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D