0 0
Read Time:2 Minute, 42 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta – Qualcomm resmi meluncurkan Snapdragon 7+ Gen 3 yang hadir dengan kemampuan generasi AI dalam perangkat.

Dijelaskan bahwa chipset Snapdragon ini dapat menjalankan berbagai model AI, termasuk LLM (model bahasa besar) seperti Baichuan-7B, Llama 2, Gemini Nano, dan Zhipu ChatGLM.

Snapdragon 7+ Gen 3 juga dibekali sejumlah fitur Snapdragon Elite Gaming, seperti Post Game Processing Accelerator dan Adreno Frame Motion Engine 2 yang mampu meningkatkan kualitas efek dan grafis dalam game.

Dengan kemampuan tersebut, Qualcomm menjanjikan pengalaman bermain game yang optimal bagi pengguna, meski dengan visual sekelas PC. Dari segi fotografi, chipset ini dibekali ISP 18-bit dari Qualcomm.

“Hari ini merupakan ekspansi terbaru dari seri Snapdragon 7 yang menghadirkan pengalaman terbaik bagi konsumen dalam menikmati hiburan favorit mereka dengan mengintegrasikan teknologi generasi terbaru untuk pengalaman yang lebih baik,” ujar Senior Vice President dan Manager Mobile General, Qualcomm Technologies Chris. Patrick dalam keterangan resmi yang diterima, Sabtu (23/3/2024).

Selain fitur generasi AI pada perangkat, kata Chris, Snapdragon 7+ Gen 3 juga dibekali dengan performa bertenaga, efisiensi daya optimal, dan tersedianya Wi-Fi 7 yang pertama kali tersedia pada Snapdragon 7. . – seri.

OnePlus disebut-sebut menjadi merek smartphone pertama yang mengadopsi chip ini. Hal ini dijelaskan oleh presiden OnePlus China, Louis Li.

“Berbekal platform canggih ini, kami sangat bersemangat untuk menghadirkan kecerdasan perangkat yang luar biasa, pengalaman bermain game yang unik, dan kemampuan fotografi yang luar biasa kepada pelanggan, lengkap dengan fitur lainnya,” kata Louis.

Selain OnePlus, beberapa merek smartphone yang pertama kali mengadopsi chip ini adalah Realme dan Sharp.

Rencananya perangkat pertama yang mengadopsi Snapdragon 7+ Gen 3 akan diluncurkan dalam beberapa bulan mendatang.

Sekadar informasi, chipset ini menjanjikan peningkatan CPU sebesar 15 persen dan GPU sebesar 45 persen dibandingkan pendahulunya. Begitu pula dengan konsumen energi yang menghemat hingga 5 persen.

Snapdragon 7+ Gen 3 dibangun pada arsitektur 4nm dengan satu inti utama Cortex-X4, empat inti kinerja, dan tiga inti efisiensi. Qualcomm menggunakan modem Snapdragon X63 pada chipset ini.

Sebelumnya, Qualcomm juga resmi meluncurkan chipset Snadpragon 8s Gen 3.

Snapdragon 8s Gen 3 disebut-sebut hadir dengan segudang fitur unggulan, antara lain fitur generasi AI pada perangkat, ISP yang selalu aktif, mobile gaming, dan kompresi audio lossless berkualitas tinggi.

Dalam keterangan resmi yang diterima, Selasa (19/3/2024), chipset baru ini mendukung beberapa model AI, antara lain LLM (large Language Model) yang dikenal dengan Baichuan-7B, Llama2, dan Gemini Nano.

“Dengan kemampuan AI generatif dalam perangkat dan fitur fotografi canggih, Snapdragon 8s Gen 3 dirancang untuk meningkatkan pengalaman pengguna guna mendorong kreativitas dan produktivitas dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Senior Vice President dan General Manager Mobile Qualcomm Technologies, Chris Patrick.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa Snapdragon 8s Gen 3 akan digunakan di sejumlah pabrikan seperti Honor, iQOO, Realme, Redmi, dan Xiaomi. Perangkat pertama yang dibekali chipset ini dikatakan akan memasuki pasar pada Maret 2024.

Sekadar informasi, Snapdragon 8s Gen 3 merupakan chip 4nm dengan inti utama Cortex-X4 3,0GHz, empat inti performa 2,8GHz, dan tiga inti efisiensi 2,0GHz. Chipset ini mendukung RAM LPDDR5x hingga 24GB dan penyimpanan UFS 4.0.

Sedangkan untuk kebutuhan gaming, chip Qualcomm ini didukung GPU Adrena yang ditingkatkan dengan hardware accelerated ray tracing. Lalu ada Adreno Frame Motion Engine 2.0 yang mampu menggandakan frame rate tanpa memakan daya lebih.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D