0 0
Read Time:2 Minute, 22 Second

Depok – UI GreenMetric World University Rankings 2023 telah mengumumkan hasil pemeringkatannya. Universitas Indonesia (UI) berhasil meraih predikat Universitas Terbaik di Asia pada kategori Most Sustainable Universities atau menduduki peringkat ke-24 dunia.

UI tetap mempertahankan posisinya sebagai yang terbaik di negeri ini, seperti tahun lalu, meski jumlah peserta meningkat dari 1.050 menjadi 1.183 universitas. Keberhasilan UI menduduki peringkat ke-24 dunia merupakan buah dari upaya UI dalam mewujudkan kampus ramah lingkungan.

Dari enam kriteria yang ditetapkan dalam pemeringkatan, yaitu lingkungan dan infrastruktur, energi dan perubahan iklim, limbah, air, transportasi dan pendidikan serta penelitian, UI memperoleh skor keseluruhan sebesar 8.925 – meningkat dari tahun sebelumnya sebesar 8.800.

Peningkatan tersebut salah satunya diperoleh pada skor lingkungan hidup dan infrastruktur yang naik dari 1175 menjadi 1325. Pada kriteria lingkungan hidup dan infrastruktur, setidaknya ada beberapa poin yang menjadi indikator perolehan skor tersebut.

Indikator-indikator tersebut adalah perbandingan luas ruang terbuka dengan luas total, luas kampus yang ditumbuhi vegetasi dan tanaman hutan, serta luas ruang terbuka. Selain itu, program konservasi tumbuhan dan satwa, daerah tangkapan air, serta berbagai fasilitas seperti gedung, prasarana kesehatan, dan fasilitas keamanan juga turut diperhatikan.

UI cukup baik dalam kriteria ini karena seluruh kawasan UI di Kampus Depok, 50% luasnya merupakan hutan, 9% merupakan kawasan konservasi danau atau perairan dan 70% merupakan ruang terbuka hijau.

Untuk menjaga keberlanjutan, UI bahkan telah membuat kebijakan masterplan pengembangan kampus agar persentase lahan terbuka dan hijau tetap sebesar 50%. Itu sebabnya salah satu kebijakan yang ditetapkan UI adalah aturan membangun gedung baru minimal 8 lantai dengan konsep green building.

Berkat upaya tersebut, UI mampu menyalip Universiti Putra Malaysia dalam UI GreenMetric World University Rankings 2023. 5 besar universitas paling berkelanjutan di dunia dalam UI GreenMetric World University Rankings 2023 berturut-turut diraih oleh Wageningen University & Research, Belanda; Universitas Nottingham Trent, Inggris; Umwelt-Campus Birkenfeld (Universitas Ilmu Terapan Trier), Jerman; Universitas Groningen, Belanda; dan Universitas California, Davis, AS.

Rektor UI Prof Ari Kunkoro mengatakan pemeringkatan UI GreenMetric berfungsi sebagai platform kolaborasi antar perguruan tinggi untuk menjadikan dunia menjadi tempat yang lebih baik. Prestasi UI di tingkat global pada pemeringkatan ini menunjukkan keseriusan UI dalam meningkatkan infrastruktur universitas dan tindakan menuju universitas berkelanjutan di tingkat global.

“Kami meyakini perguruan tinggi berperan integral dalam upaya kolaborasi pemangku kepentingan dan masyarakat dalam memerangi perubahan iklim,” ujarnya melalui keterangan tertulis, Kamis, 7 Desember 2023.

Dengan mengedepankan dan mengembangkan ide dan inovasi baru, UI berharap dapat memberikan kontribusi nyata.

“Misalnya berupa konservasi energi dan air, daur ulang sampah, dan transportasi ramah lingkungan bagi masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan berkelanjutan,” kata Amelita Lucia, Kepala Humas UI dan Kantor KIP. Momen Menegangkan Wanita Terjepit Hingga Jatuh di Peron Stasiun UI Video momen seorang wanita terjatuh dari sisi peron Stasiun Universitas Indonesia (UI) saat Kereta Listrik (KRL) sedang viral di media sosial pergerakan. akan pindah. dianrakyat.co.id.co.id 30 April 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D