0 0
Read Time:3 Minute, 36 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta. Penggemar boy band K-pop BTS menyerukan HYBE, perusahaan manajemen mereka, untuk memecat CEO divisi AS, Scooter Braun. Desakan tersebut menyusul pernyataan Brown, yang diduga mendukung Israel selama konflik dengan Palestina di Jalur Gaza.

Menurut Korean Times, pada Kamis (29/2/2024) 23 Februari 2024, banyak penggemar yang mengirimkan truk ke markas HYBE di Distrik Yongsan, pusat kota Seoul. Mereka mengungkapkan ketidaksenangannya saat menuntut agar Scooter Brown dipecat.

“Tentara Korea dan Internasional (basis penggemar global BTS) menuntut agar HYBE meninggalkan Zionisme dan Zionis di industri ini,” bunyi pesan di layar truk.

“Jika tuntutan kami tidak dipenuhi, ARMY akan terus menekan Anda untuk memenuhi tuntutan kami. Jangan berpaling ketika apa yang terjadi pada nenek moyang Anda di Korea terjadi pada orang Palestina. Kami ingin Anda membela kemanusiaan, demi hak sisi sejarah dan menentang kekerasan.

Sebelumnya pada 24 Desember 2023, jaringan media Israel Arutz Sheva, yang dikenal dalam bahasa Inggris sebagai Israel National News, menerbitkan video berdurasi tiga menit tentang Brown di YouTube yang menyerukan warga Palestina di Israel untuk mengosongkan rumah mereka.

Pernyataan tersebut juga merujuk pada serangan Hamas pada 7 Oktober 2023 yang dikatakan menewaskan lebih dari 360 orang dan menyandera sedikitnya 40 orang di lokasi festival musik Nova di Israel selatan. “Seminggu yang lalu saya bangun dan berkata saya harus pergi ke Israel karena saya harus melindungi warga negara saya (Israel),” kata Brown dalam video tersebut.

“Mereka (para sandera) sekarang harus kembali ke rumah. Saya tahu bahwa banyak orang di komunitas internasional yang kebingungan dan dibombardir dengan segala macam informasi, namun tidak boleh ada pembicaraan yang tidak dimulai dengan fakta bahwa para sandera kini sudah pulang. Kami tidak akan berhenti menggunakan suara kami, kami tidak akan dibungkam,” teriak Brown.

Brown adalah orang Amerika, namun mengatakan neneknya selamat dari kamp konsentrasi Auschwitz yang dikelola Nazi Jerman selama Perang Dunia II. Dia adalah salah satu dari banyak selebritas dan tokoh hiburan Amerika yang terang-terangan mendukung Israel.

Banyak penggemar BTS yang percaya bahwa Brown telah merusak gagasan keberagaman dan inklusivitas yang diungkapkan melalui musiknya. Menanggapi tekanan Angkatan Darat, HYBE menjauhkan diri dari kontroversi tersebut.

Mengenai komentar Braun, raksasa hiburan Korea tersebut mengatakan, “Itu adalah pernyataan pribadi terpisah dari manajemen perusahaan.” Sementara itu, pihak label belum mengomentari protes truk yang terjadi baru-baru ini.

Pada tahun 2021, HYBE bergabung dengan label rekaman Amerika Ithaca Holdings, yang didirikan Brown pada tahun 2013. Pada Januari 2023, Brown, yang sebelumnya mengelola beberapa bintang pop global seperti Justin Bieber dan Ariana Grande, ditunjuk sebagai CEO tunggal HYBE America.

Brown tidak pernah diminta mengundurkan diri. Ia sebelumnya dituding mengirimkan pesan pribadi melalui akun X (sebelumnya Twitter) kepada ARMY, sebutan fans BTS yang membela Palestina. Sebuah video juga dirilis yang menunjukkan pesan pribadi dari Scooter Braun kepada militer yang mengkonfirmasi kebenaran tuduhan tersebut.

Pesannya berbunyi: “Saya berharap yang terbaik untuk Anda. (Saya berharap yang terbaik untuk Anda)”. Meski tidak menunjukkan masalah, pesan tersebut dipandang sebagai nada yang mengancam, terutama karena Scooter Braun adalah pendukung Israel yang vokal.

Dikutip Kbizoom, Minggu 18 Februari 2024 Ia berkali-kali mengunggah pandangannya mengenai konflik yang sedang berlangsung di Gaza, Palestina, khususnya seruan pembebasan tahanan Hamas. Salah satunya diunggah pada 18 Januari 2024. Ia mengatakan banyak orang, termasuk teman-temannya di industri musik Amerika, tetap bungkam.

Diakuinya, banyak kebencian, kemarahan, dan kebingungan. Namun laporan ini juga membingungkan karena tuduhan kekerasan terhadap orang yang tidak bersalah hanya ditujukan kepada Hamas, tidak ada IDF karena terus mengebom Gaza dan menyerang warga di kamp pengungsi dan rumah sakit.

“Tolong bersuara untuk mengakhiri kekerasan terhadap orang-orang yang tidak bersalah di Gaza dan Israel dan tuntut agar tuan rumah yang tidak bersalah ini pulang sekarang! #bringthemhomenow #hamasisisis Hamas bukanlah rakyat Palestina. Bawa mereka pulang dan bebaskan Palestina dan Israel dari Hamas. Akhiri perang ini, bawa mereka pulang!”

(Tolong bersuara untuk mengakhiri kekerasan terhadap orang-orang yang tidak bersalah di Gaza dan Israel dan suruh para sandera yang tidak bersalah ini pulang sekarang! #bringthemhomenow #hamaciasis. Hamas bukan rakyat Palestina. Bawa mereka pulang dan bebaskan Palestina dan Israel dari Hamas. Hentikan. Perang ini membunuh mereka. Bawa pulang!),” tulis Brown di akun Instagram-nya.

Di sisi lain, sebagian besar penggemar K-pop menyatakan dukungannya terhadap Palestina yang menderita akibat berbagai serangan udara Israel yang memakan banyak korban jiwa. Beberapa bahkan berpartisipasi dalam boikot terhadap agensi hiburan Kpop “empat besar”, dengan harapan dapat menghentikan perusahaan-perusahaan tersebut untuk mendukung Israel.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D