0 0
Read Time:1 Minute, 45 Second

dianrakyat.co.id Otomotif – Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya bersama Fakultas Teknologi D3 Proyek studi bekerjasama dengan Fakultas Vokasi Teknologi Elektro berhasil mengembangkan mobil listrik bernama Sancaka.

Mobil listrik ini pertama kali diciptakan pada tahun 2017 dan baru diperkenalkan untuk kompetisi Formula Student Electric (FSE) yang akan diadakan di Jepang pada tahun 2024.

Mobil listrik Sancaka dikembangkan Untag Surabaya dalam upaya menjaga lingkungan dan mengurangi jejak karbon, demikian dikutip dari laman Instagram @kitauntagsby pada Kamis, 11 Januari 2014.

Menurut Ketua Kajian Teknologi Manufaktur, Yusuf Eko Nurcahyo mengungkapkan, mobil listrik Sancaka buatan Fakultas Vokasi Untag Surabaya ini merupakan pengembangan lanjutan dari mobil listrik sebelumnya yang sebelumnya bernama Aurora.

Dalam proses pengembangan mobil listrik Sancaka juga dilibatkan dosen pembimbing yang sangat bersinergi dengan mahasiswa dari program studi Teknik Elektro, Teknologi Elektro, dan Teknologi Produksi.

Yusuf selaku dosen pembimbing menunjukkan pengembangan mobil listrik Sancaka meliputi mobil berbobot 180 kilogram dari bobot semula 225 kilogram, teknologi baterai dari Lithium Ion menjadi baterai LiFeP04, cakram piston pada sistem rem. Hebatnya lagi, bodi mobil dibuat lebih aerodinamis dengan menggunakan serat karbon, sistem pengereman menggunakan recck gear untuk memudahkan putaran kemudi, sistem kendali dan rangka mobil.

Selain itu, Yusuf juga menambahkan, mobil listrik yang diberi nama Aurora ini telah sukses menorehkan berbagai prestasi nasional di Bandung.

Tak heran dengan pertumbuhan kali ini, mobil listrik Sancaka juga diharapkan bisa kembali menorehkan prestasi hingga meraih juara di kancah internasional.

“Pada mobil listrik Aurora generasi pertama ini berhasil membawa kembali dua medali yaitu juara 1 body design dan juara 3 kategori climbing power pada Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI) tahun 2017,” lanjut Yusuf. sumber

Dalam proses pengembangannya, mobil listrik Sancaka juga telah bekerjasama dengan sejumlah mahasiswa semester lima, diantaranya adalah Muhammad Akbar Syahputra dari Prodi Teknologi Manufaktur, Yohanis Fransiskus Toni dari Prodi Teknologi Manufaktur, Arga Dias Apriansyah dari Prodi Teknologi Listrik. Prodi, dan Siti Lutfiana dari Prodi Teknik Elektro.

Terpopuler: BYD Minta Maaf ke Konsumen, Kirim Mobil Listrik Hanya 10 Menit Berita yang membahas BYD Minta Maaf ke Konsumen dan Isi Daya Mobil Listrik Hanya dalam 10 Menit banyak dibaca sehingga menjadi terpopuler di channel dianrakyat.co.id Otomotiv dianrakyat.co.id. co.id 28 April 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D