dianrakyat.co.id, JAKARTA – PT Daimler Commercial Vehicle Indonesia (DCVI) meluncurkan empat lini sasis bus versi terbaru kategori kendaraan niaga dalam rangka Pameran Kendaraan Niaga Internasional GAIKINDO Indonesia atau GIICOMVEC 2024. Kendaraan mereka kini dilengkapi Euro4 . dan spesifikasi mesin standar emisi Euro 5, Kamis (3 Juli 2024).
Dua model yang menjadi highlight peluncuran ini adalah Mercedes-Benz Bus 917 Euro 4 yang dilengkapi bodywork Jetbus garapan Adiputro dan OH 1626 L Euro 4 yang dilengkapi bodywork Avante H8 buatan Adiputro Tentrem.
Sementara itu, bus Mercedes-Benz O 500 RSD Euro 5 bus tingkat Tronton sasis OH 1626 L duduk tanpa bodi.
Untuk OF 1623 L Euro 4 yang dilengkapi bodywork Discovery buatan Laksana, telah disediakan DCVI di area outdoor untuk memberikan pengalaman berkendara bagi pengunjung.
Peningkatan model kendaraan ini dengan standar emisi yang lebih tinggi merupakan bukti nyata komitmen kuat DCVI untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam mengurangi emisi.
Presiden Direktur Daimler Commercial Vehicle Indonesia Naeem Hasim menegaskan kehadiran unit Mercedes-Benz Bus Euro 4 dan Euro 5 untuk memberikan layanan mobil guna memenuhi kebutuhan pelanggan setia. Bus lebih ramah lingkungan.
“Secara global, Daimler Trucks akan terus berupaya mencapai ambisi strategisnya yang mengarah pada transformasi industri menuju era transportasi nol emisi,” kata Naeem, Kamis (2 Juli 2024).
Selain menekankan komitmennya terhadap keramahan lingkungan, Daimler juga bangga dengan koleksinya yang menunjukkan dukungannya terhadap industri lokal.
Di antara empat sasis bus Mercedes-Benz yang dipamerkan, OH 1626 L Euro 4 berasal dari pabrikan lokal Indonesia Daimler.
Naeem berkata di atas panggung di DCVI: “Hari ini saya merasa sangat bangga karena kita akan melihat sasis bus Mercedes-Benz OH 1626 L Euro 4, yang telah kami habiskan banyak waktu untuk mengembangkan dan memasangnya. Dirakit dan dibuat dengan tangan di Indonesia untuk Indonesia. Upacara pembukaan.
Selain itu, pencapaian Daimler dalam meraih sertifikasi TKDN pertama untuk Mercedes-Benz Axor 2528 CX Euro 4 juga menjadi kebanggaan Daimler sebagai bukti fokusnya dalam meningkatkan konsumsi lokal terhadap produknya.
Sertifikasi ini mengarahkan Mercedes-Benz untuk melanjutkan produksi internal menggunakan konten lokal dan memperkenalkan sertifikasi lain untuk lini produk Mercedes-Benz.
Berbicara soal spesifikasinya, Mercedes-Benz Bus O 500 RSD 2445 Euro 5 ditenagai mesin 6 silinder OM 460 LA berkapasitas 12,82 liter yang diklaim mampu menghasilkan tenaga 449 tenaga kuda dan torsi 2.200 Nm. Sasis ini bertipe mesin belakang dengan drivetrain 6×2.
Di sebelahnya ada Mercedes-Benz Bus OH 1626 L Euro 4 yang jagoan jalanan pegunungan, dibekali mesin OM 906 LA 6,3 liter 6 silinder yang menghasilkan tenaga 256 tenaga kuda dan torsi 900 Nm.
Dari segi kapasitas, bagasi truk ini sangat besar. Mulai dari tangki utama berukuran besar 200 liter dengan tambahan tangki bahan bakar cadangan 200 liter dan tangki AW 60 liter, hingga kapasitas bagasi yang besar karena sasisnya dilengkapi sasis space frame.
Lalu ada Mercedes-Benz Bus 917 Euro 4 yang menjadi pilihan menguntungkan di segmen pasar karena penggunaan mesin depan 4×2. Sasis ini mengusung mesin 4D34i berkapasitas 4 silinder 3,9 liter yang mampu menghasilkan tenaga 170 tenaga kuda dan torsi 520 Nm.
Dari segi ukuran, motor ini ramping dan tersedia dalam pilihan wheelbase panjang dan pendek.
Terakhir, bus Mercedes-Benz sasis 1623 L Euro 4 mengusung mesin 6 silinder OM 906 LA berkapasitas 238 ps dan torsi maksimal 850 Nm, juga mesin depan 4×2.
Pada ajang GIICOMVEC 2024, DCVI tidak hanya memamerkan bus, namun juga truk Axor 2528 R M-Cab dan Actros 2636 LS.