Amerika Serikat, 22 Januari 2024 – Henry Ford merevolusi cara pembuatan mobil dengan memperkenalkan proses jalur perakitan, namun saat ini kemajuan teknologi membawa industri otomotif ke era otomatisasi yang lebih besar.
Meskipun manusia dan mesin telah berbagi beban kerja selama beberapa dekade, para pembuat mobil kini berada di ambang perubahan keseimbangan, yang berpotensi menggantikan pekerja manusia dengan mesin.
Teknologi yang semakin canggih akan memungkinkan untuk menggantikan lebih banyak pekerja manusia dengan mesin di tahun-tahun mendatang.
Namun, seperti dikutip dianrakyat.co.id Otomotif di laman Carscoops, ketersediaan teknologi bagi produsen mobil hanya akan membawa mereka ke arah tersebut. Salah satu alasan utamanya adalah kebutuhan untuk menyelesaikan perselisihan dengan serikat pekerja otomotif.
Meningkatnya tuntutan dapat membuat para pekerja saat ini merasa gembira atas gaji yang lebih tinggi dan kondisi kerja yang baru, tanpa menyadari bahwa hal tersebut mungkin telah mempercepat masa pensiun mereka.
Seperti yang dilaporkan Wall Street Journal, kenaikan biaya tenaga kerja akan mempercepat penerapan teknologi otomatis di pabrik mobil.
Biaya tak terduga dari kontrak baru akan meningkatkan biaya pembuatan mobil Ford sekitar $900 USD selama masa kontrak baru, yang akan berakhir dalam empat tahun, dan biaya pembuatan mobil Chevrolet baru sekitar $500 USD.
Pada tahun 2022, industri otomotif global akan memasang 136.000 unit robot industri baru, menurut Konsorsium Robotika Internasional. Meski angkanya tinggi, hanya sektor elektronik yang lebih banyak memasang robot. Ini adalah kabar buruk bagi anggota serikat pekerja.
Faktor lain yang dapat mendorong industri otomotif menuju otomatisasi yang lebih besar adalah pendirian pabrik baterai dan kendaraan listrik baru.
Memasang robot di fasilitas baru lebih mudah dibandingkan memasangnya di fasilitas yang sudah ada, yang memerlukan biaya konversi lebih tinggi.
Meskipun robot tidak membutuhkan liburan, pembayaran pensiun, atau istirahat di kamar mandi, robot juga memiliki kekurangan. Robot mahal untuk dibeli, masih memerlukan personel untuk memprogram dan memelihara, serta dapat menyebabkan masalah kualitas dalam implementasinya. Yang tampak adalah mobil Yukari Oshima, seorang pramugari yang hilang dalam kebakaran Glodok Plaza. Pihak berwenang menemukan sebuah mobil Honda Brio putih milik Oshima Yukari, salah satu dari 14 orang yang hilang dalam kebakaran Glodok Plaza. dianrakyat.co.id.co.id 23 Januari 2025