Liputan 6. Kota Denpasar. Acara tersebut akan berlangsung pada tanggal 15 hingga 17 Juni 2024 di Mall 21 Denpasar, Bali.
Sebanyak 39 brand mengikuti pameran AKI Denpasar yang meliputi bidang seni, fashion, kuliner, olah raga, musik dan film.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Teknologi Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri langsung kunjungan pameran AKI Denpasar tersebut, ia mengundang dua Duta Besar RI Sukmo Harsono (Panama, Republik Honduras, Republik Kosta Rika dan Republik Indonesia). Kosta Rika, Nikaragua) dan Ivan Bogananta (Duta Besar Indonesia untuk Bulgaria, Albania dan Makedonia Utara).
Syndiaga Uno telah merekrut dua duta untuk memberikan masukan kepada pelaku UMKM mengenai produk yang bisa dijual di Eropa dan Amerika. Menurut Sandiaga, AKI memiliki tiga pendekatan utama terhadap produk UMKM:
1. Produktifitas UMKM tidak kalah dengan produk luar negeri.
2. Adopsi produk ramah lingkungan oleh pelaku UMKM.
3. Kerjasama untuk meningkatkan kualitas produk dan daya saing.
“Saya ingin memastikan AKI 2024 menghasilkan usaha mikro, kecil, dan menengah yang siap beraksi global,” kata Sandiaga. Dan saya berharap dapat memperlancar permodalan usaha kecil, menengah dan mikro.
Dijelaskannya, tujuan utama AKI adalah membawa kualitas produk UMKM ke tingkat global, khususnya bagi wisatawan mancanegara yang jumlahnya besar.
Sandiaga memperkirakan total bisnisnya mencapai 5-10 miliar dengan biaya Rp 1 juta per pengunjung. Dia menambahkan: “Semua produk berkualitas baik dan siap untuk pasar global. Kami berharap produk ini dapat mendorong bisnis dan menciptakan lapangan kerja.”
Sandiaga berkomitmen untuk terus bergerak agar seluruh usaha kecil tidak tertinggal. Pada tahun 2024, sekitar 7.000 UKM telah terdaftar di AKI, 400 UKM telah terpilih untuk berpartisipasi, dan jumlah peserta mencapai 1.600 UKM dalam empat tahun.
Banyak manfaat yang dirasakan oleh brand peserta AKI Denpasar 2024. Salah satu peserta pameran AKI 2024 Denpasar adalah Novita Wesley, pemilik pembuat tas NAMASTE 21 Ethno-Eco di Bali. Dia mengatakan dia memiliki 3 tujuan untuk pertunjukan ini: untuk menginspirasi, mendidik, dan menghubungkan.
“Saya ingin membangun image NAMASTE 21 Handmade sebagai brand yang peduli terhadap lingkungan, peduli terhadap budaya lokal dan mendukung masyarakat. Oleh karena itu, kami tidak hanya menjual, namun juga berupaya mengedukasi wisatawan mengenai pentingnya menjaga lingkungan dan mengurangi limbah tekstil. “Memperkuat hubungan dengan pelanggan lama dan membangun hubungan baru dengan calon pelanggan,” ujarnya.
Novita menambahkan, dari segi penjualan, pada hari ke-3 penayangannya meningkat sebesar 80% dibandingkan hari-hari lainnya.
Hal serupa juga dirasakan Rosita, pemilik toko batik. Batik Shibori adalah produsen produk tekstil, selendang/syal, dan pakaian ramah lingkungan yang dibuat dengan teknik shibori (teknik menenun kain ringan dengan cara diikat, dicetak, dipalu, dan diwarnai).
“Pengunjung yang mampir ke website Toko Batik Rosita sangat tertarik dengan tampilan hijau pewarna indigo dan gambar kain yang kami tampilkan,” jelas Rosita.
Pemilik toko fashion asal Surabaya ini menambahkan, tujuan utamanya adalah memanfaatkan peluang kemitraan dengan pedagang anak setempat untuk bekerja sama menjual produknya. Selama 3 hari pameran, penjualan batik Shibori mencapai Rp 8 juta.
AKI Expo 2024 juga menjadi pendorong dukungan Menteri Pariwisata dan Inovasi Sandiaga Salahuddin Uno dengan mengunjungi satu per satu stand pameran. Wayan Sukandra, Direktur CAMILLA MOZZARELLA. Ia mengungkapkan kegembiraannya karena produksinya mendapat kunjungan dari Menteri Pariwisata dan Kreativitas.
“Harapannya produk keju kita bisa masuk ke pasar lokal,” ujarnya.
“Jadi kami berharap dengan kunjungan Pak Menteri ini produk keju kita bisa tersebar ke pasar lokal dan masyarakat bisa menikmati kejunya. “Sekarang kebanyakan bule, tapi ada juga yang sudah mencobanya di rumah dan menyukai produk kami,” kata Wayan Sukandra, manajer Camilla Mozzarella.
Wayan juga mengatakan, tujuan utama Camila Mozzarella adalah bergabung dengan UMKM AKI dan berekspansi di pasar lokal, karena belajar dari Covid-19 penjualannya menurun. Ia pun merasa senang mendapat kesempatan untuk mempromosikan dan mempromosikan produknya.
Sedangkan Dwi Kusuma pemilik brand BALIBELL. BALIBELL adalah olahan buah panggang rendah gula menggunakan stevia. Dwi Kusuma, pemilik BALIBELL, yang bisnisnya telah bergerak di bidang penurunan gula dan target pasarnya selama 30 tahun, mengatakan bahwa berpartisipasi dalam AKI memberikan kewirausahaan, jaringan, dan kesadaran bagi mereka yang peduli terhadap penurunan gula dan diabetes. Pasar. komponen.
Ngurah Yasa salah satu pengunjung sangat mengapresiasi program AKI karena membantu usaha kecil menengah mendapatkan alat pemasaran. Ia berharap semakin banyak peluang bagi UKM dan usaha mikro untuk mengikuti kegiatan serupa.
Pada setiap hari terakhir AKI Expo 2024, akan diumumkan tiga finalis di setiap kota untuk mewakili peserta pada AKI Summit Night 2024 di Jakarta.
Berikut daftar finalis AKI Denpasar Expo 2024.
Pemain terakhir AKI Denpasar
Juara 1 : @tutunco.id
Juara 2: @trulynaturalorganic
Juara 3: @aeyraviolin_official