JAKARTA – Vespa klasik punya beberapa ciri dan fakta unik. Itu sebabnya, meski sudah ada di sana beberapa tahun lalu, para penggemarnya masih setia padanya.
Penggemar Vespa dari berbagai belahan dunia selalu menantikan kedatangan seri terbarunya. Namun, ada satu aspek dari skutik ini yang tidak boleh dilewatkan.
Mengutip dari berbagai sumber, berikut tujuh fakta menarik Vespa klasik, Kamis (26 September 2024): 1. Pabrikan awal abad ke-19
Piaggio, produsen Vespa, adalah produsen kapal, kereta api, dan pesawat terbang pada awal abad ke-19. Selama Perang Dunia Kedua, pabrik tersebut rusak parah akibat serangan bom Sekutu dan operasinya dikurangi menjadi lebih kecil.
Perekonomian yang menurun pasca perang membutuhkan transportasi yang murah. Piaggio juga memproduksi Cushman Model 53, sepeda motor beroda kuat dan ringan yang dirancang untuk digunakan di zona perang selama Perang Dunia.
2. Desain pedesaan
Sabuk berwarna krem yang khas memberikan sentuhan elegan dan pedesaan pada sadel. Rak bagasi depan dan belakang Vespa Picnic dilengkapi dengan strap berwarna coklat sebagai standar, semakin mempercantik tampilan kendaraan. Fitur ikonik lainnya, sadel dua warna eksklusif, dirancang khusus untuk Vespa Picnic. Nuansa coklat yang berbeda dikoordinasikan untuk memastikan tampilan menarik dan kenyamanan kelas satu.
Bodi Vespa yang mencolok seluruhnya terbuat dari baja dan bendera Italia pada tali sadel menjadi pengingat akan asal muasal sepeda motor tersebut.
3. Mesin ramah lingkungan
Skuter ini ditenagai mesin i-get empat langkah silinder tunggal 150cc, memiliki sistem pendingin dan memiliki tiga injektor bahan bakar elektronik. Tenaga mesin dan torsi yang dihasilkan menjamin kenyamanan berkendara yang tinggi melalui stabilitas dan keandalan untuk penggunaan yang mulus dan nyaman. Mesinnya yang ramah lingkungan dan terbaik di kategorinya membuat Vespa ini sangat kencang di lalu lintas kota maupun di jalan terbuka.
4. Perancang-insinyur pesawat terbang
Sepeda motor Vespa pertama dirancang oleh Corradino D’Ascanio, seorang insinyur brilian yang sering merancang pesawat terbang. Ia dipandang sebagai orang yang membenci sepeda motor tradisional karena dianggap besar dan kotor. Ia pun mengambil sepeda motor lain. Roda giginya dipindahkan ke setang sehingga perempuan juga bisa berkendara dengan rok. Mesinnya disembunyikan agar pakaian pengemudi bebas oli.
5. Nama Vespa populer dengan merek lain
Nama Vespa hampir dipakai oleh perusahaan sepeda motor Italia lainnya, MV Agusta. Awalnya perusahaan ingin menggunakan nama ini untuk sepeda motor pertamanya. Namun, Piaggio lebih dulu mendaftarkan nama Vespa sebagai paten.
6. Koleksi Artis
Banyak seniman yang menjadi kolektor Vespa, baik model terbatas maupun Vespa klasik. Hal ini sudah menjadi tren di kalangan selebriti yang popularitasnya semakin meroket.
Namun jauh sebelum skutik ini menjadi terkenal di dunia, ia dipengaruhi oleh film-film Hollywood. Kendaraan ini dikatakan sebagai salah satu penempatan produk pertama di dunia perfilman. Pada tahun 1960-an dan 1970-an, Vespa sering muncul di berbagai adegan film.
7. Vespa klasik yang ikonik
Dari berbagai seri yang diproduksi sepanjang sejarah, ada beberapa tipe Vespa klasik yang banyak digemari para kolektor dan pecinta sepeda motor. Hal ini menyebabkan harga naik.
Seri GS
Seri GS merupakan salah satu yang paling legendaris dalam sejarah Vespa. Diperkenalkan pada tahun 1955, seri GS populer karena kecepatan dan keandalannya. Gaya sporty dan performa tangguh – seri GS menjadi favorit para penggemar motor klasik.
Vespa 180SS