0 0
Read Time:4 Minute, 9 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta – Setelah banyak rumor dan bocoran di internet, Samsung akhirnya mengungkap ketersediaan Galaxt Z Fold Special Edition. Smartphone ini rencananya akan dihadirkan pada tahun 2024 mendatang. Tanggal 25 Oktober di Korea Selatan memiliki banyak perbedaan dari serial biasanya.

Menurut Android Authority pada Selasa (22/10/2024), Galaxy Z Fold Special Edition akan hadir dengan bodi lebih ramping, daya tahan lebih kuat, dan desain yang diperbarui.

Dengan berat hanya 236 gram dan tebal 10,6 mm, ponsel lipat ini lebih tipis 1,5 mm dan lebih ringan 3 gram dibandingkan pendahulunya, Galaxy Z Fold6.

Perubahan yang dilakukan menjadikan Galaxy Z Fold Special Edition menjadi model tertipis dan teringan di seri Galaxy Z Fold.

Bagian belakang smartphone ini juga memiliki pola bergaris. Menurut Samsung, ponsel ini akan menggunakan logam atau kaca berkualitas tinggi, yang mungkin sama dengan lapisan baja aluminium pada Galaxy Z Fold6.

Ada juga perubahan desain pada bezel kamera yang kini lebih berbentuk persegi dibandingkan oval. Namun tak hanya bezel kamera, Samsung juga meningkatkan kemampuan kamera smartphone ini secara signifikan.

Galaxy Z Fold Special Edition memiliki lensa utama 200 megapiksel, berbeda dengan Galaxy Z Fold6 yang memiliki lensa utama 50 megapiksel. Meski demikian, selebihnya sensor pada kamera edisi khusus ini masih sama dengan model standar.

Samsung tidak hanya meningkatkan kameranya, tetapi juga konfigurasi memori perangkat ini. Ponsel lipat edisi khusus ini memiliki RAM 16GB dibandingkan Galaxy Z Fold6 yang hanya memiliki RAM 12GB.

Untuk memori, Samsung membekali Galaxy Z Fold Special Edition memori 512 GB. Sedangkan Galaxy Z Fold6 hanya hadir dengan pilihan penyimpanan 256GB dan 1TB.

Samsung Galaxy Z Fold edisi khusus ini memiliki layar utama berukuran 8 inci dengan aspek rasio 20:18, menjadikannya layar terluas di lini Galaxy Z Fold.

 

 

Sementara diagonal layar depannya berukuran 6,5 inci dengan rasio 21:9. Dari segi daya tahan, HP Samsung ini punya baterai 4400 mAh yang sama dengan Galaxy Z Fold6.

Soal mesin, smartphone ini mengemas chipset Snapdragon 8 Gen 3 untuk Galaxy. Samsung menjanjikan perangkat ini akan mendapat pembaruan Android selama tujuh tahun, sehingga akan selalu menerima pembaruan OS hingga tahun 2031.

Galaxy Z Fold Edisi Khusus saat ini menjalankan One UI 6.1.1 berbasis Android 14. Meski memiliki banyak peningkatan, namun perangkat ini tidak mendukung S Pen.

Galaxy Z Fold Special Edition saat ini hanya tersedia di pasar Korea Selatan dengan harga 2.789.600 won atau sekitar $31 juta. Namun, belum ada kabar mengenai ketersediaan perangkat ini di pasar lain juga.

Kami dengan bangga mengumumkan bahwa Samsung telah meluncurkan smartphone Samsung Galaxy Z Fold6 dan Galaxy Z Flip6 di Samsung Unpacked 2024 pada Juli 2024 di Paris, Prancis. 10 Juli

Perbedaan utama Galaxy Z Fold6 dengan pendahulunya, Galaxy Z Flip 5, terletak pada desain dan kemampuan Galaxy AI yang semakin cerdas dan ramah pengguna.

Lalu fitur apa saja yang dimiliki Galaxy Z Fold6?

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, ketika smartphone layar lipat terasa berat dan terlalu tebal, Galaxy Z Fold6 menjadi ponsel Samsung dengan desain tertipis dan teringan di antara smartphone layar lipat bergaya buku.

Hal ini membuat perangkat ini semakin nyaman untuk dibawa kemana saja, bahkan saat digunakan dengan satu tangan pun tetap nyaman di genggaman Anda.

Galaxy Z Fold6 kini memiliki bingkai yang lebih kokoh, simetris, dan tepian yang halus. Daya tahan juga ditingkatkan dengan rel ganda dan tepi lipat yang diperkuat.

Lapisan dalam layar juga ditingkatkan untuk mengurangi kerutan dan membuat layar lebih kuat. Samsung juga mengklaim layar Galaxy Z Fold6 dilengkapi dengan pelindung aluminium dan Corning Gorilla Glass Victus 2.

Ponsel Android ini memiliki layar utama (internal display) berukuran 7,6 inci, Dynamic Amoled 2X (Infinity Flex) dengan resolusi 2160 x 1856 piksel. Perangkat ini masih memiliki kecepatan refresh 120Hz.

Sementara itu, layar depannya bertipe sama, 6,3 inci, beresolusi 2376 x 986 piksel, juga dengan refresh rate 120 Hz. Tingkat kecerahan layar Galaxy Z Fold6 adalah 2600 nits.

Bobot smartphone ini 239 gram, lebih ringan 14 gram dibandingkan bobot Galaxy Z Fold5 yang mencapai 253 gram.

 

Galaxy Z Fold6 ditenagai chipset Galaxy Snapdragon 8 Gen 3. Prosesor ini memadukan performa CPU, GPU, dan NPU terbaik yang diklaim. Prosesor ini dioptimalkan untuk pemrosesan AI, grafis, dan kinerja yang lebih baik.

Sistem pendingin pada smartphone ini ditingkatkan dengan penambahan ruang uap yang lebih besar. Dengan ruang uap dan prosesor 1,6x lebih besar, game bertahan lebih lama tanpa kehilangan performa.

Galaxy Z Fold6 hadir dengan kamera selfie depan 10MP dengan ukuran piksel 2uM dan aperture f2.2. Kamera selfie internalnya menggunakan resolusi 4MP, ukuran piksel 2uM dengan aperture f1.8.

Ketiga kamera utamanya adalah 12MP ultra-wide 123 derajat, ukuran piksel 1,12uM, dan aperture f2.2, sedangkan kamera wide 50MP mendukung ukuran piksel 1,12uM, aperture f2.2, dan aperture 123, serta terdapat kamera angle. sudut lebar derajat.

Ada pula kamera telefoto 10MP dengan zoom optik 3x, sensor PDAF, OIS, aperture f2.4, ukuran piksel 1.0uM. Performa kamera Samsung Galaxy Fold 6 juga ditingkatkan dengan diperkenalkannya ProVisual Engine, yang didukung oleh kecerdasan buatan dan sebelumnya tersedia di Galaxy AI.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D