0 0
Read Time:1 Minute, 42 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta Baru-baru ini, video bayi baru lahir berusia sepuluh hari yang diberi makan bubur menjadi viral di TikTok. Dalam video tersebut, terlihat bayi tersebut dibalut kain putih sambil disuapi bubur.

Bibir kecil bayi seolah meremukkan makanan yang tidak boleh ia konsumsi. Hingga berita ini ditulis, video yang diunggah Ruly Jember ke TikTok sudah ditonton 13,3 juta kali.

Tindakan yang dilakukan orang dewasa dalam video tersebut sama sekali tidak sesuai anjuran. Dimana makanan utama dan pertama bayi baru lahir adalah air susu ibu (ASI). Pemberian makanan lain tidak boleh diberikan seperti yang diungkapkan Direktur Gizi dan KIA Kementerian Kesehatan Lovely Daisy.

Pada usia 0-6 bulan hanya diberikan ASI saja, tanpa makanan dan minuman tambahan (kecuali obat berbentuk sirup). Pada usia tersebut, bayi hanya membutuhkan ASI saja, bayi tidak membutuhkan makanan lain.

“Makanan terbaik untuk bayi baru lahir adalah ASI,” kata Daisy.

“WHO menganjurkan agar bayi hingga usia enam bulan tidak diberikan makanan atau minuman lain, kecuali obat-obatan dan vitamin atau bayi dengan indikasi medis,” tambah Daisy dalam keterangan tertulis yang diperoleh dianrakyat.co.id.

Efek bayi diberikan selain ASI

Melanjutkan pemberian ASI selain ASI dapat meningkatkan risiko sejumlah infeksi pada bayi. Salah satunya adalah bayi bisa terkena infeksi dan alergi.

“Tidak hanya itu, bayi lebih rentan mengalami intoleransi, bahkan bisa menimbulkan alergi seperti eksim,” kata Daisy.

Jika bayi mengalami gangguan kesehatan, dokter anak yang memeriksa akan meresepkan nutrisi dan suplemen prelaktal, setelah itu dapat diberikan.

Oleh karena itu, makanan dan suplemen prelaktal – makanan atau minuman selain ASI yang diberikan kepada bayi sebelum disusui pada tiga hari pertama kehidupannya – hanya boleh diberikan jika ada indikasi medis,” kata Daisy.

Aksi yang dilakukan para orang dewasa dalam video yang diunggah Ruly Jember ini mendapat reaksi dari warganet.

“SDH masih muda, sudah diberi makan, kata dokter baik-baik saja atau tidak,” kata salah satu warganet.

“Aku malah menangis saat melihatnya,” sahut netizen lainnya.

“Adiknya Bunn belum bisa mengunyah dan sistem pencernaannya belum bisa mencerna makanan. Kasihan…kasih ASI aja,” sahut yang lain.

“Rasanya aku ingin membantu bayi itu,” tulis yang lain.

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D