0 0
Read Time:1 Minute, 22 Second

REPUBLIKA.CO. 07/2024). Ia menyampaikan laporan berjudul “Dampak Budaya Organisasi, Perubahan Menjadi Pemimpin dan Motivasi Dalam Kerja Guru Universitas Muhammadiyah-Aisyiyah Wilayah Tengah”, pada konferensi doktoral di lantai 5 Gedung Bung Hatta UNJ. lulus.

Miciki melakukan penelitian terhadap 162 guru dari populasi tetap 230 dari sebelas Universitas Muhammadiyah-Aisyiyah (PTMA) di Jawa Tengah. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan metode analisis proses berdasarkan metode yang disebut Partial Least Square (PLS).

Temuan menunjukkan bahwa budaya organisasi, manajemen perubahan, dan motivasi kerja berpengaruh positif terhadap pengambilan keputusan guru. Oleh karena itu, budaya kepemimpinan dan kepemimpinan transformasional mempunyai dampak langsung terhadap kinerja guru.

Sementara itu, budaya kepemimpinan dan kepemimpinan transformasional berpengaruh positif langsung terhadap kepuasan kerja guru melalui pekerjaannya.

Dalam wawancara seusai PhD, Miciko mengaku melakukan penelitian ini karena diawali dengan melihat rendahnya tingkat kepuasan kerja para guru di PTMA. Pasalnya, keadaan tersebut bisa berdampak negatif terhadap kualitas pendidikan dan kelulusan.

“Setelah mendapat gelar magister dan menyelesaikan penelitian ini, saya berharap dapat mengimplementasikan hasil penelitian tersebut dalam bentuk alat untuk mengukur kinerja guru di setiap PTMA,” ujarnya.

Berbicara di sini, Wakil Dirjen UMJ II Dr Mutmainah. Ia memuji keberhasilan Miciko dalam meraih gelar doktor dan peperangan khusus.

“Kami berharap gelar doktor yang diraih dapat menjadi berkah bagi dunia pendidikan dan masyarakat,” ujarnya.

Panitia penguji Fakultas Ilmu Budaya antara lain Direktur Divisi II UNJ Prof Dedi Purwana (Direktur Mata Kuliah), Koordinator Program Studi UNJ Prof Suryadi (Promotor), dan Guru Besar UNJ, Dr Dewi Nusraningrum (Co. – Promotor).

Terakhir, UNJ Prof Bedjo Sujanto (Anggota), UNJ Prof Dr Fakhruddin Arbah (Anggota), UNJ Prof Dr Matin (Anggota), dan Guru Besar Universitas Pendidikan Bandung Prof Aan Komariah (Penguji Eksternal).

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D